life

Window Dressing

December 21, 2020

Di dunia pasar modal, ada fenomena yang dikenal dengan istilah "Window Dressing", yang mana biasanya di akhir tahun itu harga saham-saham menukik naik setelah bulan Sep-Nov turun. Tahun ini pun fenomena window dressing tampak mulai lebih awal dimana bulan November harga saham-saham meningkat secara signifikan sampai dengan hari ini. IHSG yang tadinya drop banget menyentuh kepala 4, di bulan Desember ini udah kembali ke 6000 bahkan still going strong. Portofolio investasi gue yang sempet minus 40% di awal-awal pandemi, sekarang udah balik bahkan profit :")

Fenomena window dressing ini ga hanya terjadi di portofolio investasi gue tapi juga di hidup gue. Gue ngerasa banget hidup gue lagi window dressing 2 bulan terakhir ini. Yang tadinya sempet drop banget, lalu sideways atau stagnan cukup lama, akhirnya perlahan naik dan tiba-tiba di bulan November naik pesat sampe kadang kewalahan. Persis kayak grafik saham.

Di titik ini gue bersyukur, sangat bersyukur akhirnya hidup gue kembali. Finally I get my life and myself back. Yang sempet kehilangan arah dan ngerasa bukan diri sendiri, ngerasa hidup beda 180 derajat, akhirnya ngerasa ngejalanin hidup sendiri lagi. Banyak banget hal baik bertubi-tubi datang sampe kadang kewalahan :") Ga cuma dari 1 aspek kehidupan tapi semuanya; kuliah, kerjaan, social life, personal life, dll.

I am too busy with what's good in my life and don't have time to worry about what's not important. Yang tadinya memenuhi pikiran, sekarang semacam udah ga punya tempat di pikiran karena pikiran udah diisi dengan hal-hal lainnya yang lebih penting, lebih baik, dan memang perlu perhatian. And I am forever grateful for that.

You Might Also Like

0 comments