life

NYE in Dubai

September 01, 2020

Setelah kemarin nulis lagi dan ngerasainnya nyamannya nulis, Alhamdulillah hari ini muncul mood dan dorongan buat nulis lagi hehe. Tapi kali ini ga mau nulis yang berat-berat. Bukan juga berkaitan dengan pandemi (karena beberapa postingan terakhir berkaitan dengan pandemi semua). Kali ini mau nulis yang fun-fun aja, sekalian bayar utang cerita tentang pengalaman New Year's Eve (NYE) di Dubai!

Ini adalah pertama kalinya gue merasakan perayaan tahun baru di luar negeri, bahkan perayaan tahun baru di tengah crowd sebenernya, karena di Indonesia pun gue ga pernah ngerayain tahun baru di tengah crowd kayak di Bundaran HI, Monas, atau apapun itu. Gue lebih memilih untuk nonton TV di rumah aja atau tidur hehehe. Buat gue pribadi, pergantian tahun bukan sesuatu yang perlu dirayain sih.

Nah karena kebetulan akhir tahun kemaren liburan ke Dubai, ya udah sekalian aja ngerasain perayaan tahun baru disana kayak apa sih, pengen tau. Apalagi katanya Dubai termasuk top cities untuk ngeliat fireworks tahun baru. Waktu itu, gue sekeluarga taunya perayaan tahun baru di Dubai itu diadain di Burj Khalifa. Ternyata disana ada beberapa tempat yang nyelenggarain perayaan tahun baru dan bikin fireworks show. Tapi sebagai first timer yang udah jauh-jauh kesana, kami tetep pilih Burj Khalifa  yang merupakan icon Dubai sebagai tempat untuk menghabiskan malam tahun baru.

Itinerary tanggal 31 Desember pun gue bikin sekitaran Dubai Downtown aja, kawasan di mana Burj Khalifa berada. Pas pagi-pagi kesana, pihak penyelenggara udah mulai siap-siap mulai dari panggung, check sound, dan juga bikin pagar-pagar penutup. Ada beberapa spot yang ditutup karena nantinya yang bisa masuk cuma yang punya tiket acara NYE itu. Terus Dubai Fountain Show juga ditiadain malem itu karena aksesnya udah ditutup. Untungnya gue sempet liat shownya siang-siang.



Semakin sore, semakin banyak akses yang ditutup pake pagar hitam kayak di foto atas. Once you go out, it's difficult or impossible to get in. Kalo mau dine in di restoran pun harus ambil package NYE jadi mahal banget, karena mereka jual spot untuk nonton fireworksnya. Jadi ya udah pas udah sore gue sekeluarga keliling-keliling di dalam Dubai Mall aja yang udah kayak pasar ramenya. Kayak KoKas kalo weekend mungkin haha. Saking bosennya sama mall karena udah muterin berkali-kali dan rame banget, akhirnya pas malem kita sempet tidur bentar di mushala. 


Sekitar jam 10 malem akhirnya kita keluar ke spot untuk ngeliat fireworks. Asli, bener banget keluar jam segitu karena kalo lebih malem lagi fix ga dapet spot. Jam 10 aja orang udah berbondong-bondong dan antre keluar mall. Ada yang sama keluarga bahkan bawa anak kecil, ada yang sama temen-temen, ada yang sama pasangan. Bahkan yang keluarga juga ada yang bawa stroller. Ya ampun, ribet banget sumpah gue ngeliatnya karena disana serame dan sedesak-desakan itu.

Waktu itu gue dapet spot di bagian luar Dubai Mall, masih kawasan situ bukan di jalanan. Spot gue itu termasuk yang cukup strategis untuk ngeliat view yang bagus. Paling bagian bawahnya kehalangan pohon sedikit. Buat sampe dapet spot di luar itu perjuangannya luar biasa. Desek-desekan parah bener-bener kegencet. Apalagi kalo ketemu orang yang maksa pengen maju padahal udah sesempit itu, terus badannya gede, hadeehh. Orang-orang kayak gini biasanya teriak "Emergency! Somebody dies!" biar dikasih jalan -_- Pada akhirnya orang-orang ngasih jalan karena mereka seberisik itu dan dorong-dorong bikin ga nyaman.



Nah, bagusnya itu mereka bikin beberapa layer pagar pembatas supaya orang ga terlalu desek-desekan. Jadi kita dengan orang depan kita bisa tetep ada jarak. Nah, sialnya gue dapet di row jalur keluar orang jadi rame dan full banget, sedangkan row belakang-belakang kita masih lowong dan mereka kayak santai aja ga desek-desekan. Tapi kita ga bisa cross row karena ga ada celah dan pagarnya sekuat itu. Bener-bener sekuat itu yang mau didorong kayak apa juga dia ga geser. Jadi yaudah nasib, gue desek-desekan sedangkan orang-orang di row belakang ngeliatin doang :") Mungkin dalam hati mereka bersyukur kali ya dapet spot itu.


Bapake masih sempet selfie

Sampe di spot itu mungkin sekitar jam 11. Nunggu 1 jam ke jam 12 ga berasa sih. Mungkin karena fokus jaga diri biar tetep nyaman, bisa nafas, dan ga kehimpit kali ya haha. Jam 12 pun tiba, dan akhirnya fireworksnya muncul!

Fireworksnya baguus dan dikombinasiin sama video mapping. Gue baru pertama kali liat pertunjukan fireworks yang bukan asal tembak bulet-bulet doang. Yang ini berkonsep dan bentuknya macem-macem. Kerennya lagi mereka ditembakin dari sudut-sudut gedung Burj Khalifa. Dan amazingly ga berisik sama sekali! Biasanya kan kembang api tuh berisik banget bunyi tembakan, nah ini hampir ga ada suaranya malah. Tapi rada krik-krik juga karena mereka ga pasang musik sama sekali. Menurut gue bakal lebih bagus kalo ada musiknya sih.

Pertunjukan pun berlangsung selama 5 menit. Siap-siap seharian, effort buat nonton luar biasa, pertunjukannya 5 menit aja sodara-sodara. Hehe tapi it's enough sih sebenernya. Ga kepanjangangan ataupun kependekan. Pengen upload videonya kesini tapi size-nya kegedean. Nanti coba diresize dulu.

Selesai pertunjukan orang-orang langsung bubaran. Bubarannya lancar guys :) Ga pake desek-desekan atau rusuh-rusuh. Pagar-pagar pembatasnya mulai dibuka dan kita bisa bebas jalan kaki karena jalanan ditutup untuk kendaraan.

Jalanan kosong melompong

Bubaran warga

Nah, pas balik ke hotel ada ceritanya lagi nih.. Karena jalanan ditutup semua, ga ada kendaraan umum sama sekali. Bus, taksi, metro semua ngga ada. Metro tuh baru beroperasi sekitar sejam kemudian kayaknya, dan jalan ke stasiun Metronya supeeerrrr jauuhhh. Kita sampe ngeluh ga nyampe-nyampe. Udah gitu, di stasiun Metro pertama ternyata kita salah jalur. Waktu itu kita langsung jalan ke pintu masuk, ternyata kalo mau naik Metro harus antre super panjang (literally panjang ga lebay) ga bisa langsung lewat pintu masuk situ. Akhirnya jalan lagi ke stasiun Metro berikutnya.

Di stasiun Metro berikutnya pun ternyata tetep rame banget :") Tapi beruntungnya waktu itu gue salah masuk, masuknya ke jalur cowok jadi pas petugasnya liat langsung disuruh maju dan orang-orang suruh kasih jalan wkwk. Lumayan memperpendek waktu antre. Sampe di dalem stasiun Metronya pun juga ampuun ramenya dan pengap! AC ga dinyalain. Mau naik metronya pun juga mayan penuh karena udah banyak penumpang dari stasiun sebelumnya. Sampe ga lama kemudian ada 1 metro yang bener-bener kosong, semua orang langsung tepuk tangan dong :")

Turun dari Metro, ngga ada taksi yang lewat juga ampun :"") Padahal jaraknya udah jauh dari Dubai Downtown dan jalanan udah dibuka. Tapi mungkin karena lewat tengah malam ga banyak taksi yang narik juga. Setelah nunggu beberapa waktu ga ada tanda-tanda taksi lewat, akhirnya kita jalan kaki lagi menuju hotel :")

Sepanjang jalan kita sekeluarga ngomong, udah deh cukup sekali aja ngerasain kayak gini. Cukup sekali aja ngerasain perayaan NYE di pusat kota, ga mau kalo harus effort banget banget kayak gini. Cukup sekali aja desek-desekan kayak gitu, cukup sekali aja jalan kaki super jauh, cukup sekali aja. Menyesal sih ngga, namanya pengalaman. Tapi ya cukup sekali aja bener deh.


Sampe di hotel itu udah sekitar jam setengah 3 pagi. Pas di-track, jalan kaki kita sepanjang perjalanan pulang itu udah 8000an steps :") Luar biasa padahal 1 Januari baru berlangsung sekitar 2,5 jam. Mana besokannya kita mau main ke theme park :") Mau ga mau harus tetep berangkat karena udah beli tiketnya. Akhirnya kita ngga ngoyo berangkatnya. Berangkat agak siangan, naik taksi, dan santai aja yang penting ga terlalu ngepush fisik yang udah lelah malemnya. Untungnya besoknya tetep fit dan bisa enjoy main hehe.

You Might Also Like

0 comments