others

Beli HP di Laku6.com

January 22, 2019

Beberapa waktu lalu, seorang temen lagi liat-liat hp di internet. Gue yang ngeliat screen laptopnya langsung nanya "Itu apaan Cha?". "Ini lagi liat-liat hp second yang masih garansi. Aku dikasih tau Kang XXX."

Gue baru tahu bahwa ada website marketplace yang jual hp-hp second yang masih bergaransi, namanya laku6.com. Jadi yang jualan bukan Laku6nya, tapi ada seller-seller yang jualan disitu, Laku6 cuma sebagai tempat jualan aja. Penjualnya sendiri bisa individu bisa juga emang toko hp. Liat-liat sekilas websitenya terlihat profesional dan trusted, dan barang-barang yang dijual disana juga terlihat udah dikurasi dan dicek kelayakannya. Apalagi web itu direkomendasiin sama orang kantor yang ngerti IT dan teknologi, jadi gue berasumsi kalo web itu emang oke.

Gue sendiri bukan tipe orang yang berani beli gadget lewat internet. Gue masih cukup konvensional untuk pergi ke toko elektronik, ngecek sendiri kondisi fisik barang yang akan gue beli, menimang-nimang feeling dan ke-sreg-annya, dan tentunya ngobrol sama penjualnya buat tanya ini itu serta dibantu set up. Dan kalo barangnya ada apa-apa, gue tau harus tanya atau servis kemana.

Beberapa waktu kemudian, ART di rumah gue bilang dia mau beli hp karena hpnya rusak. Karena sepertinya dia clueless banget soal harga dan spesifikasi hp, gue tawarkan untuk beliin di Laku6 aja. Apalagi katanya harga di laku6.com ini sedikit di bawah pasaran. Nggak berani tawarin website lain karena takut kenpa penipuan, jadi pilih yang lebih pasti aja. Daripada mbak gue cari-cari, muter-muter, mending liat di internet siapa tau bisa dapet barang bagus di bawah harga pasaran. Apalagi Laku6 ini free ongkir.

Singkat cerita, setelah liat-liat gue beli lah hp Oppo F1 di Laku6. Disana ada keterangan kondisi hpnya. Ada yang hp baru dengan aksesoris original yang masih disegel, ada hp bekas yang masih bagus banget kondisinya, ada juga hp bekas yang kondisinya oke aja dengan beberapa titik lecet (Keterangan kondisi hp bisa dibaca disini). Waktu itu gue beli dengan kondisi yang Standar, artinya hp bekas dalam kondisi baik, dengan maksimal 3-6 titik lecet.

Ketika mau beli, awalnya gue males nih kalo mesti sign up sign up bikin account gitu. Eh tapi ternyata nggak perlu! Begitu gue klik beli, dia langsung minta data buat pengiriman, ngasih nomor order dan nomor rekeningnya. Gue cukup kaget sekaligus seneng sih karena nggak perlu ribet bikin account terus nanti nerima-nerima newsletter di email.

Begitu beli, mereka akan kirim email konfirmasi pembelian dan batas waktu pembayaran adalah 3 jam. Gue bayar menggunakan bank transfer, tapi ke no rekening kantor gitu bukan virtual account yang otomatis terverifikasi. Disitu tertulis bahwa setelah transfer, mohon konfirmasi lewat telp atau WA. Gue konfirmasi lah lewat WA. Ternyata nomor WAnya udah nggak aktif dan disitu tertulis untuk konfirmasi lewat telepon. Karena males dan lagi nggak ada pulsa juga, gue nggak konfirmasi. Dan ternyata ngga ada email verifikasi pembayaran.

Sempet deg-degan sih, gimana kalo pembayaran gue nggak terdeteksi sama mereka dan setelah 3 jam otomatis ordernya dibatalkan. Akhinya beberapa jam kemudian gue coba track order di websitenya Laku6 dan ternyata statusnya pembayaran udah terverifikasi! Yay! Berarti tinggal nunggu barangnya dikirim aja.

Esok harinya, barang udah sampe. FYI, ini free delivery loh! Dan sepertinya dianterin langsung sama kurirnya mereka karena nggak ada plastik JNE, TIKI, atau ekspedisi lainnya. Packagingnya rapi dan aman. Kotaknya dimasukin bubble wrap kemudian dimasukin ke paper bag Laku6 yang dilipet-lipet.

Ternyata kotaknya menggunakan kotak buatan Laku6, bukan kotak asli dari hpnya. Wah, niat banget gue pikir, sampe punya kotak sendiri. Tapi di satu sisi mikir, kalo buat dijual lagi gimana ya, pake kotak Laku6 gini bukan kotak asli merk hpnya.

Nah, tapi kotak ini bagus banget menurut gue. Di sisi samping-sampingnya ada keterangan what's inside the box, apa aja yang akan kita dapet di dalam kotak tersebut.




Begitu buka kotaknya, di dalamnya ada hp yang dibungkus bubble wrap, tempat simcard, kartu garansi, earphone, kabel, dan kepala charger. Di kartu garansi ada beberapa instruksi dan di bagian depan kartunya juga ada stiker barcode dan nomor untuk cek IMEI hpnya. Yang paling pertama adalah step-step pengecekan kondisi hp, apa aja yang harus dicek ketika nerima hp itu. Terus kalo ada masalah harus apa kemana juga ada keterangan di kartu garansinya. Instruksi pengecekan hp ini bagus banget sih menurut gue, jadi kita bener-bener mastiin kondisi hp yang kita terima.


Sekarang kita ngomongin kualitas barang-barang yang kita terima. Hp gue terima dalam kondisi baik, lecetnya hampir nggak keliatan kalo ga bener-bener diperhatiin, tapi di bodynya ada banyak sisa lem tempelan stiker gitu. Sebenernya bisa dibersihin pake minyak kayu putih aja sih, cuma gue akan jauh lebih seneng kalo nerima dalam keadaan kinclong tanpa sisa-sisa lem.

Untuk aksesorisnya, di-wrap dengan sangat baik dan rapi. Cuma kayaknya bukan original accessories hp-nya. Gue nggak tahu apakah semua hp dikasih aksesoris standardnya Laku6 atau gimana, bisa jadi juga tergantung kondisi hpnya. Kalo emang masih ada original accessories mungkin akan dikasih yang original itu, tapi kalo udah nggak ada, Laku6 akan menggantikan dengan aksesoris yang mereka punya. Di satu sisi baik sih, artinya Laku6 tetep ngasih barang yang lengkap meskipun dari seller-nya udah ga ada aksesorisnya.

Gue sendiri nggak ngecek kualitas aksesorisnya. Gue serahkan itu ke mbak gue. Gue cuma ngecek kelayakan, kondisi, dan fungsi hpnya sesuai instruksi. Kata mbak gue sih, pas ngecharge lama. 2 jam ngecharge pake charger yang dikasih belom full, sedangkan coba pake charger lain lebih cepet. Kurang tahu juga sih sekarang gimana, apakah lamanya pas pertama kali aja atau emang kondisi chargernya yang kurang oke.

Overall, gue seneng dengan experience pembelian pertama ini. Mudah, cepet, free ongkir, dan aman. Pertama kalinya gue beli di Laku6, dan pertama kalinya beli gadget online. Gue suka dengan konsepnya Laku6 dan menurut gue web ini akan berguna untuk banyak orang sih. Cuma mungkin itu aja saran improvement dari gue, untuk kasih email konfirmasi verifikasi pembayaran :)

You Might Also Like

0 comments