others

ASUS Service Center

January 24, 2019

Beberapa bulan lalu gue beli laptop ASUS A407UB karena laptop lama udah ga berfungsi. Sejak beli, udah tercium bau-bau masalah nih terutama masalah lemot dan hang-nya, plus fingerprint suka nggak ke-detect. Sempet dicek sama temen yang orang IT, katanya nggak ada masalah. Ada yang bilang gara-gara pake Windows 10, ada yang bilang gara-gara RAM-nya, ada yang bilang kalo pake Windows 10 normal kok lemot, itu artinya lagi update. Tapi gue ngerasa kayaknya engga deh. Laptop adek gue yang spec-nya di bawah ini, pake Windows 10 aman-aman aja nggak lemot. Orang-orang lain juga nggapapa. Dan aneh banget kalo dia pasang built-in OS yang nggak capable dengan spec-nya. There must be something wrong.

Gue coba pantau dan pake beberapa bulan, semakin parah. Kata temen, coba bawa ke ASUS service center aja toh masih garansi. Temennya dia ada yang diganti motherboard-nya karena ternyata cacat produksi. Sayangnya gue belom ada waktu untuk servis laptop karena kalo servis ke ASUS-nya pasti laptop harus ditinggal dan gue perlu banget laptop ini.

Nah, mumpung bulan ini libur dan gue tau bulan-bulan berikutnya juga akan padat, gue bawa lah laptop ini ke ASUS service center yang di STC Senayan Jakarta. Sebelum kesana gue baca-baca review dulu di internet.

Hmm kok review-review-nya kurang bagus ya. Ada yang bilang antrenya lama dan lebih baik standby dari sebelum buka, ada yang bilang orangnya kurang ramah, dan review buruk lainnya. Tapi karena emang harus banget kesana, yaudahlah berangkat aja.

Gue kesana hari Senin sekitar jam 1 siang. Kaget banget sampe sana ternyata kosong! Bener-bener nggak ada orang antre sama sekali. Padahal gue baca di internet katanya hari Senin biasanya rame dan orang udah antre dari pagi. Gue sampe bingung itu kenapa nggak ada customer sama sekali.

Begitu gue masuk, awalnya disuruh ambil nomor antrean sama security, tapi langsung dipanggil mbaknya. Ga usah ambil nomor antrean katanya karena emang ga ada antrean. Dengan masih agak terbengong-bengong gue pun langsung duduk di counter pelayanan.

Gue serahin laptop sambil jelasin keluhannya, dan si mbak dengerin sambil input data. Ternyata nggak perlu nyerahin kartu garansi karena di sistem mereka udah ke-detect bahwa laptop gue masih garansi. Pertanyaan berikutnya, tanpa basa-basi adalah, "Datanya ilang gapapa? Udah di-back up kan?"

Glek. Untungnya sebelum kesana gue back up data dulu. Karena cukup yakin kalo datanya akan ilang semua. Tapi tetep aja ga siap-siap amat kehilangan data dan harus install segala macem software dari awal lagi.

"Ng... Udah sih mbak. Tapi kalo bisa ga usah ilang ya datanya."

"Kita usahain, tapi biasanya sih ilang datanya. Gapapa kan datanya ilang?", si mbak menanyakan lagi.

"Iya mbak gapapa", jawab gue dengan berat hati, meskipun udah tahu konsekuensinya sejak awal.

"Oke berarti gapapa yaa datanya ilang."

Si mbak bener-bener perlu kata 'iya' dari gue, karena ini sebagai persetujuan yang ternyata dimasukin ke datanya mereka. Sebagai consent supaya nggak diprotes saat datanya ilang nanti. Setelah semua data diinput, gue dikasih kertas konfirmasi. Kertas ini wajib dibawa saat pengambilan nanti.

Kata mbaknya, prosesnya kira-kira akan 5 hari kerja dan progress-nya bisa dipantau di web ASUS. Nanti kalo udah selesai juga bakal ada SMS konfirmasi. Disitu tertulis bahwa selesainya akan hari Selasa minggu depannya. Yah, well, okay.

Proses penyerahan laptop pun selesai kurang dari setengah jam. Prosesnya cepet kok. Terus pas gue pulang, udah mulai ada orang lain berdatangan tapi nggak banyak nggak sampe 5 orang.

2 hari kemudian yaitu hari Rabu gue coba cek progress di webnya ASUS. Tulisannya masih dalam pengecekan. Ya iyalah baru 2 hari. Paling juga laptop gue baru dicek sama teknisinya paling cepet hari Selasa. Iseng aja coba cek.

Tiba-tiba, hari Kamis pagi sekitar jam 10 gue dapet SMS kalo laptop gue udah selesai dan bisa diambil! Whew. Kaget saya. Baru 3 hari udah bisa diambil. Pagi-pagi lagi SMS-nya. Artinya mungkin Rabu itu udah selesai diservis.

Sejujurnya agak takut juga sih, takut masalahnya nggak terdeteksi karena kok cepet banget. Takutnya  cuma direinstall aja (btw gue udah pernah coba reinstall dan tetep bermasalah). Gue juga sempet minta cekin tempat servis komputer lain, katanya nggak ada masalah. Jadi gue takut masalah laptop gue nggak terdeteksi sama ASUS. Yang bikin ragu lagi, gue baca kalo ada sparepart yang harus diganti dan mereka ga ada stoknya, mereka harus order dulu dan nunggunya bisa lama.

Harap-harap cemas, akhirnya hari itu juga langsung gue ambil. Gue ambil sore-sore dan pas gue ambil kesana juga sepi kok, bisa langsung ambil. Pas gue ambil, kata mbaknya harddisk gue yang bermasalah dan udah diganti dengan yang baru. Pheww, ketauan juga masalahnya. Lega banget akhirnya dapet jawaban kenapa selama ini laptop bermasalah. Happy banget diganti dan ga perlu nunggu lama.

Overall gue puas sih dengan pelayanannya. Cepet dan ga ribet. Gue berharap semoga ini laptop ga bermasalah-bermasalah lagi setelah diganti harddisknya. Sekarang udah gue pake semingguan sejak diservis. It works much better. Semoga aman-aman aja ya dan bisa awet kayak laptop gue sebelumnya yang dipake sampe 7 tahun.

You Might Also Like

0 comments