life

My First Conference

August 31, 2017

Di suatu siang saat gue lagi ga di kantor, tiba-tiba atasan gue nge-whatsapp. Beliau ngasih tau bahwa gue dan beliau mau dikirim traning ke Singapura :O Jujur gue sekaget itu banget sih. Karena di kantor gue biasanya yang dapet kesempatan training keluar negeri itu adalah level manajer ke atas. Itu pun belum tentu semua manajer dapet kesempatan itu. Apalah gue yang masih level staf ini. Plus gue berada di divisi support, bukan core business perusahaan yang menghasilkan revenue.

Bahkan gue sempet mikir kayaknya orang macem gue ga mungkin deh dapet kesempatan untuk training keluar negri. Paling yang dapet itu cuma orang-orang di divisi core business dan yang udah level-level tinggi. Sampe akhirnya di siang itu ternyata pikiran gue terbantahkan.

Rasanya kaget campur seneng campur bingung campur terharu ketika tau bahwa Managing Director gue lah yang assign kami berdua untuk berangkat, karena selama ini kalo ada training biasanya atasan gue yang inisiatif untuk ngirimin anak-anaknya. Gue sama sekali ga ngeliat negaranya sih, meskipun "hanya" ke SG, disini yang gue liat adalah company mau mengirimkan gue untuk training keluar negeri. I feel so honored honestly.

Well sebenernya ini conference sih ternyata bukan training. Nama acaranya itu Training & Development Asia 2017. Atasan gue milih conference ini karena acaranya dirasa paling menarik. Kalo training lain ternyata topiknya ga jauh beda sama yang ada di Indo.

Gue baru diinfoin kurang dari 2 minggu sebelum acara. Deg-degannya ternyata paspor gue udah mau expire! Alhasil langsung perpanjang paspor dengan harap-harap cemas apakah paspornya bisa jadi tepat waktu atau ngga. Plus conference-nya itu tanggal 17-18 Agustus yang mana lagi long weekend di Indonesia dan pasti banget banyak yang liburan ke SG jadi takut ga dapet tiket pesawat dan hotel. Alhamdulillah ternyata semua aman. Paspor jadi tepat waktu, penginapan dapet di tempat strategis, pesawat juga dapet sesuai jadwal yang kita mau.

Akhirnya tanggal 16 Agustus gue berangkat. Ini pertama kalinya gue pergi keluar negeri untuk business trip dan bukan liburan, dan ngga sama keluarga. Pertama kalinya juga naik pesawat tanpa keluarga atau rombongan sekolah. Ini berarti gue harus prepare dan cari tau segalanya sendiri sebelum berangkat. Meskipun udah beberapa kali ke SG, tapi setiap kesana gue selalu ke tempat yang beda-beda jadi ngga segitu hafalnya juga sama SG. Terus biasanya kalo pergi-pergi gitu udah tinggal ngikut ortu, bokap yang kasih tau rutenya kemana naik apa. Kali ini justru gue lah yang harus cari tau sendiri semua-muanya. Plus karena gue pergi sama atasan gue, sebagai bawahan gue merasa harus bisa diandalkan dan ga boleh planga-plongo ngga ngerti.

Bermodalkan Google Maps dan nanya-nanya orang, gue berhasil mencapai tempat-tempat tujuan. Jujur bangga sama diri sendiri sih karena gue bukan orang yang tau jalan, bahkan di Jakarta tempat gue tinggal :")

***

Tanggal 17 Agustus pagi jam 7.30an gue sampe di Shangri-La Hotel yang merupakan venue acaranya. Padahal registrasinya itu baru jam 8 dan acaranya sendiri baru mulai jam 9. Ketika gue dateng, panitianya kaget gitu dan bilang "Wow you're so early!" Ternyata gue delegate pertama yang sampe. Panitia dan pihak hotelnya pun masih siap-siap. Gue pikir mending kecepetan lah daripada telat karena ngga familiar juga sama tempatnya. Gue juga mikirnya orang sana bakal dateng lebih awal jauh sebelum acara ternyata banyakan mepet-mepet acara (tapi engga ngaret kayak di Indo).

Akhirnya sambil nunggu, gue sarapan dan minum teh dulu. Dan juga foto-foto mumpung masih sepi :p






Sebagai orang yang baru pertama kali ikut conference, di luar negeri, dan masih junior, gue pun lebih pasif di awal-awal untuk ngajak kenalan duluan. Cek-cek keadaan dulu lah observasi tingkah laku peserta-peserta lainnya. Ternyata delegates lainnya sangat ramah dan aktif untuk ngajak kenalan duluan dan ngasih kartu nama. Ketika liat kartu namanya, jabatannya adalah Head of blablabla, blablabla Director, Managing Director, dan sebagainya :") Agak malu sih gue ngasih kartu nama dengan title masih Executive. Tapi ngerasa bangga juga bisa kenalan dan tukeran kartu nama sama orang-orang itu *norak*.

Pas publikasi acara tersebut diinfoin sih bahwa pesertanya kebanyakan yang udah level-level atas kayak CEO, direktur, senior manager, sedangkan level stafnya hanya sebagian kecil. Jujur pas baca itu agak jiper sih karena masih ngerasa anak bawang di dunia HR apalagi di bagian OD. Tapi gue mikir ga boleh minder, ikutin aja.

Diajak ngobrol pun awalnya gue lebih pasif menjawab dan ga terlalu nanya balik. Takut salah ngomong, takut pertanyaan atau topik obrolan gue dangkal. Tapi setelah mengobservasi, ternyata ga ada yang perlu gue takutin. Topik orang sana dan topik orang kita sama sama aja cuma beda bahasa. Bahkan jokes dan problematika yang kita hadapi juga sama sama aja. Obrolan kita masih sefrekuensi kok ternyata bukan yang profesional level dewa sampe gue ga ngerti. Dan gue kaget juga sih sama diri sendiri ketika bisa fluent ngomong bahasa Inggris disana karena terstimulasi sama lingkungannya. Kalo di Indo jujur kadang gue masih suka terbelit-belit mikirin grammar, apalagi kalo deg-degan.

Yang gue merasa impressed dari orang-orang disana lebih ke soft-skill mereka sih. Gimana cara mereka approach orang duluan, gimana cara mereka menanggapi obrolan orang, dan gimana cara mereka ngasih kartu nama. Meskipun mereka udah level tinggi, mereka ngasih kartu nama dengan dua tangan dan agak sedikit membungkukkan badan. Sangat sopan deh dan gue sampe kaget sendiri. Awalnya gue ngasih kartu nama dengan satu tangan dan agak membungkukkan badan untuk menunjukkan kesopanan, tapi setelah gue sadar bahwa mereka jauh lebih sopan dengan ngasih pake dua tangan, gue pun melakukan hal yang sama berikutnya.

Masih soal kesopanan, ada salah satu panelis yang duduknya sebelah gue, dia merupakan Head of something. Setelah dia selesai bicara di panggung dan harus segera balik ke kantor, dia sengaja nyamperin meja kami untuk pamit pergi duluan. Padahal bisa banget dia pergi aja melengos gitu karena keliatan dia orang sibuk. Toh ga kenal dan ga peduli juga orang baru duduk bareng sejam. Tapi ini dia dengan humble-nya pamit ke kami sebelum dia pergi.

Kemudian ketika ngobrol sama orang, orang-orang disana bener-bener menerapkan active listening. Mereka menyimak dengan seksama, wajahnya fokus dan eye-contact menatap kita, gestur menyimak seperti menganggukkan kepala, dan merespon omongan kita dengan sangat baik. Sama sekali ngga ada tuh sombong kayak menunjukkan bahwa mereka lebih expert dari kita.

Setiap kenalan dan bilang gue dari Indonesia, mereka surprised gitu. Gue pikir banyak kan orang-orang dari berbagai negara yang akan dateng kesana, dari Indonesia ada beberapa lah. Ternyata sejauh gue kenalan, mereka dari SG semua. Meskipun ada yang berkewarganegaraan lain, tapi saat ini mereka menetap di SG. Gue sama sekali ga nemuin orang dari luar SG sampe akhirnya pas selesai acara, gue kenalan sama 1 orang dari India yang juga sengaja terbang ke SG untuk ikut acara tersebut. Jadi mereka amazed ketika ada orang dari negara lain yang sengaja dateng untuk ikut conference itu.

Oh ya, setiap selesai 2 sesi pasti ada jeda either coffee break atau lunch. Selama waktu istirahat itu, orang-orang biasanya makan sambil networking dan juga liat-liat booth exhibition. Makanannya enak-enak! Ya harusnya sih enak ya, Shangri-La gitu loh.



Ada rendang!

Kalo isi exhibition-nya mostly consulting yang nawarin jasanya mereka sih. Satu-satunya yang gue tertarik untuk samperin dan nanya-nanya cukup detil adalah booth Knolskape, yaitu perusahaan yang nyediain jasa gamification untuk learning & development! Bahkan gue sempet nyobain game simulasinya mereka tentang leadership, terus nyobain alat Virtual Reality-nya mereka untuk on-boarding. Keren sih sumpah.

Biasanya pas lagi coffee break gitu tiba-tiba ada bell yang menandakan bahwa kita udah harus segera balik ke ruangan lagi. Yang juga gue notice adalah mereka bener-bener on time banget, banget. Kalo di jadwal tulisannya 3.00 ya 3.00 kelar, bukan 3.02 atau 2.58 gitu. Luar biasa sih. Kalo di Indonesia......... Ga perlu dibahas lah ya.

***

Bicara soal konten, disini materinya ada banyak banget. Mostly sharing session dari para expert, kemudian ada juga round-table discussion perkelompok gitu. Awalnya pas baca agenda, gue pusing banget kayaknya gue ga ngerti apa-apa gitu, deskripsinya terlalu expert. Tapi ternyata setelah dibaca pelan-pelan dan diikuti satu persatu, bisa dipahami dan insightful banget.

Materinya itu seputar learning and development kayak prinsip-prinsip dasar dari LnD, metode belajar terkini, bahwa belajar itu ngga hanya melalui training aja tapi sekarang banyak alternatif lainnya, terus penggunaan teknologi dan gamification dalam learning. Konsepnya ada yang sharing materi ada juga yang diskusi panel macem talkshow.

Sesi paling mengharukan, ketika ngobrolin wanita as a leader dan mengaitkannya dengan keluarga

Kadang durasi 40 menit per sesi itu ga kerasa dan bener-bener kurang menurut gue saking seru bahasannya. Yaa ada juga sih yang bosenin dan bikin waktu berasa lama. Tapi overall insightful dan seru banget menurut gue. Sayang engga sempet nyatet semua karena ga bisa banget meleng. Disana gue ga bisa nulis sambil dengerin mereka. Kalo gue nulis, I'd miss something. Ga bisa juga buka hp atau diskusi, karena meleng dikit, gue akan ketinggalan informasi penting. Kayak every word yang mereka katakan itu penting.

Insightful karena mereka cerita berdasarkan pengalaman mereka, apa yang udah mereka terapkan, best practice-nya lah. Kita jadi bisa belajar dari apa yang dilakukan perusahaan lain. Jadi insight-nya bukan sekedar teori tapi prakteknya langsung. Pembicaranya pun datang dari berbagai background dan industri. Beberapa di antaranya adalah dari Unilever, OCBC, JLL, Shell, Sephora, NTU, dan masih banyak lagi. Ada yang dari korporat, ada yang dari consulting, bahkan ada yang dari institusi pendidikan kayak NTU. Ada beberapa pembicara yang gue favoritin banget karena sangat inspiring.

Beth Davies from Tesla. Previously worked for Microsoft, Apple, etc.

Aye Wee Yap from OCBC Bank

Karina Cuello from JLL

Marako Marcus from Right Management yang super kocak dan ekspresif. Berasa lagi nonton film Kung Fu

Menariknya, para pembicara itu sangat reachable karena mereka akan duduk di bangku penonton juga bareng delegates lainnya. Mereka juga akan ngikutin jalannya acara, dan maju ke panggung ketika sesinya mereka aja. Jadi mereka akan ikut juga tuh round-table discussion, coffee break and networking session. Gue kaget banget lah ketika bapak-bapak sebelah gue tiba-tiba maju ke depan jadi panelis, kaget juga pas tau orang yang ngobrol sama gue pas coffee break ternyata seorang panelis yang akan sharing di atas panggung. Paling seneng pas ternyata semeja sama Aye Wee Yap pas round-table discussion hari kedua.

Ketika Richard Wentworth-Ping, seorang CEO sekaligus MC acara itu "numpang" join round-table discussion

Sayang gue ngga foto-foto sama mereka. Malu soalnya, disana sama sekali ga ada yang foto-foto macem orang Indonesia. Bahkan pas acaranya udah selesai, yaudah aja gitu panggung langsung (literally langsung) dibongkar dan orang-orang segera bubar. Padahal kalo di Indonesia, pasti orang foto-foto dulu, ini itu dulu. Paling banter setelah dapet kartu nama, kita akan saling add LinkedIn (Iya mainannya LinkedIn bukan Facebook).

Satu-satunya foto bareng delegate lainnya pas makan siang

Terus buat tanya jawab, disana pake website yang namanya PigeonHole. Jadi dibanding angkat tangan, kasih mic, tanya lalu jawab, disini orang bisa submit pertanyaan mereka via PigeonHole. Jadi orang ga perlu malu untuk nanya. Terus audiens lain bisa liat pertanyaan-pertanyaan yang udah disubmit. Mereka bisa vote pertanyaan, dan beberapa pertanyaan dengan vote paling banyak lah yang akan ditanyain. Ini konsepnya real-time yang langsung ditayangin di screen. Gue sendiri ga terlalu banyak make PigeonHole karena jadi ga fokus dengerin pembicaranya. Beberapa kali submit pertanyaan, tapi kalah vote sama pertanyaan lain. Akhirnya ada 1 pertanyaan gue yang dibacain! Haha.


Overall gue seneng banget sih sama pengalaman conference ini. Meskipun (ternyata) katanya bukan yang besar banget di SG, tapi ini insightful banget buat gue baik secara materi maupun dalam mengenal budaya profesional orang-orang sana. Maaf yah kalo gue norak, baru pertama kali soalnya. Pengen lagi? Banget. Andaikan uang bisa dipetik yah untuk ikut-ikut acara kayak gini. Baru paham sama apa yang dibilang kakak gue bahwa kita harus nyisihin dana untuk pengembangan diri. Dan yang kayak gini-gini bikin semangat lagi karena ngerasa bisa belajar dan nerapin sesuatu di lingkungan sekitar kita :)


Note: Some photos are credited to the event organizer. Photos can be accessed here. Click here to read the event article.

You Might Also Like

3 comments

  1. Inspiring post! Business story which is amusingly presented with relaxing style. Keep up the good work!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, thank you for stopping by and the lovely comment! <3

      Delete