life

Bandung Trip

July 09, 2017

Beberapa bulan lalu, gue Agnes dan Awa lagi ngumpul biasa. Lalu Awa mencetus, "Liburan yuk guys..." Awa baru ngomong segitu gue langsung, "YUUKK. BANDUNG YUUKK!" Karena sebenernya gue lagi pengen BANGET liburan, dan spesifik ke Bandung. Lalu semua langsung semangat hayuk-hayuk an.

Alhamdulillah ngga wacana. Bulan berikutnya kami bertiga plus Khaidir dan Ruben berangkat ke Bandung. Malam sebelumnya, hari Jumat pulang kantor kita nginep di rumah Awa di Bekasi. Ini juga perjuangan banget karena Jumat malem, hujan, dan.... Bekasi. Jauh guys. Jauh.

Liburan kali ini cuma mau keliling dalam kota, tujuan utamanya taman-taman Ridwan Kamil. Jadi ngga ada tuh tempat wisata mega hits macem Maribaya, Farm House, gitu-gitu (Yang sebenernya gue penasaran banget juga sih pengen kesana). Kita sengaja mem-budget-kan 500 ribu per orang untuk 2D1N itu udah all in mulai dari bensin, parkir, penginapan, makan, dan expense lainnya. Jadi kita sama sekali ga belanja, bahkan oleh-olehpun ngga haha.

Kita juga ga bikin itinerary spesifik. Cuma browsing ada taman apa aja dan lokasinya dimana aja. Bahkan booking penginapan asal banget dan H-1.

Kita berangkat hari Sabtu jam 6 pagi dari Bekasi. Akhirnyaa kita berangkaaatt. FYI ini pertama kalinya gue liburan bareng temen-temen doang yang bener-bener buat jalan-jalan. Kalo sebelum-sebelumnya mostly studi wisata bareng sekolah, atau yang cuma pulang-pergi, atau ya nginep aja di villa tapi ngga jalan-jalan. Walaupun cuma ke Bandung dan 2 hari semalem, tapi aku hepi (dan excited!). Sepanjang jalan di mobil nyanyi-nyanyi yang Alhamdulillah lagu-lagunya sefrekuensi, lawak-lawak, sharing, sampe curhat kegalauan masing-masing :)

Sesampainya di Bandung kita langsung ke taman-taman yang sebenernya jaraknya ga jauh-jauh sih, tapi kita beberapa kali nyasar (dan sialnya banyak jalan 1 arah). Di awal nyasar rada heboh sih, tapi lama-lama ketawa dan pasrah lelah aja lah karena udah kebanyakan nyasar dan nyasarnya disitu-situ lagi. Semacam buang-buang bensin.

Dari sekitar 10 list taman yang mau kita kunjungi, pada akhirnya cuma mampir di 4 taman aja sih, dan beberapa lewatin aja karena ternyata ya gitu aja tamannya dan kebetulan ujan. Kecil dan bener-bener memanfaatkan ruang kota yang ada.

Taman Dinosaurus (Kayaknya)

Taman Pasupati a.k.a. Taman Jomblo

"Itu tuh Alun-alun Bandung yang katanya mesti lepas sepatu" -Khaidir. Diucapkan entah berapa kali

Kita juga ke taman film, tapi ga foto-foto karena rame BANGET. Lagi ada event lomba menggambar gitu jadi suuper rame sama anak-anak dan orangtua. Bagus juga sih ruang terbuka ini bener-bener dimanfaatin sama masyarakat. Plusnya adalah jadi banyak jajanan anak SD waktu gue kesana. Banyak makanan yang baru gue cobain kayak cilung (aci digulung), cilok goreng, dan cuanki, dan ternyata enak-enak banget! Definisi bahagia itu sederhana. Es teh manisnya juga pake plastik bukan cup gitu. Bener-bener jajanan anak sekolahan deh.

Cilok Goreng <3

Cilung itu yang kiri. Pake bumbu apa ga tau. Enak banget titik.

Siangnya kita makan di Braga Permai, salah satu restoran legendaris di Jalan Braga. Kita juga rada-rada norak gitu di Braga karena semua dari kita belum pernah kesana. Gue pernah lewat dikit doang dan ga ngeh kalo itu yang namanya Braga.

Terus malemnya kita nyoba makan di Cafe Madtari. Eits, jangan ketipu sama namanya. Ini bukan kafe kekinian. Kalo di Jakarta ini semacem Roti Bakar Edi kali yaa. Jadi cuma tempat makan biasa, jualannya mie, roti, nasi goreng, dan semacamnya. Cuma katanya disini tuh enak banget. Yasudahlah kita coba. Eh ternyata. Ramenya parah sih super duper rame banget full house, tapi MAHAL dan rasanya biasa banget. Malah gue cuma makan setengah karena ga enak. Kami bingung kenapa tempat ini bisa se-hits itu.

Keesokan harinya kami ke Tebing Karaton (lebih dikenal dengan Tebing Keraton). Paginya cari sarapan dulu sambil jalan, terus dari sekian banyak tempat makan dan gerobak jualan yang tadinya-mau-berenti-tapi-tetep-jalan, takdir membawa kita ke Bubur Gowes di daerah Dago Pakar. Ini salah satu stop spot-nya para bikers buat sekedar istirahat, makan, atau ngumpul sama komunitasnya.

Emang bener ya kalo kita gagal dapet sesuatu, Tuhan pasti kasih yang lebih baik buat kita. Sekian banyak tukang bubur yang kita lewati dan pengen berenti, langkah kaki kita berakhir di Bubur Gowes yang ternyata enaknya pake banget. Buburnya cuma sama ayam, cakwe, dan cheese stick. Tanpa kuah, kecap, kerupuk, kacang, dll. Polos tapi beneran deh buburnya tuh kayak udah ada bumbunya gurih gitu. Terus cakwenya juga garing ga lembek alot dan ga banjir minyak. Kita pun makannya lesehan pake tikar. Another definisi bahagia itu sederhana.

Padahal sebelumnya kita ga sengaja lewatin dan berenti di Cafe Armor yang ternyata bagus banget. Kita disana numpang toilet doang hehehe. Tadinya mempertimbangkan makan disana sih, tapi entah kita lebih yakin buat makan makanan pinggiran aja. Dan ternyata Bubur Gowes itu mantap luar biasa.

Sesampainya di kawasan Tebing Karaton, mobil kita diberentiin sama seperti penunjung lainnya. Sebelumnya udah baca-baca dan nanya-nanya sih tentang Tebing Karaton ini, jadi ngga kaget. Jadi disini mobil ga boleh masuk, kalopun mau kayak mesti nyogok gitu. Jadi mobil disuruh parkir dan orangnya disuruh naik ojek yang mahal banget. Bolak-balik 50 ribu. Emang sih jalannya lumayan (3 km) dan nanjak (Ini yang bikin capek), tapi tetep aja 50 ribu kemahalan.

Kami dari awal sebelum berangkat udah mantep buat jalan aja. Tapi abang-abang ojek itu terus menghampiri sampe setengah perjalanan dan menurunkan harga perlahan-lahan. Literally disamperin terus loh sampe setengah perjalanan. Ketika harganya menurut gue udah cukup worth it, sejujurnya gue agak tergoda tapi temen-temen gue engga mau jadi tetep jalan deh :")

Mendaki Gunung

Lewati Lembah

Padahal jalanannya itu bagus loh dan mobil bisa banget lewat. Di atas pun ternyata ada tempat parkir mobil lagi. Tapi ya itu, orang-orangnya butuh mata pencaharian jadi ya gitu deh.

Sesampainya di Tebing Karaton, ternyata dalemnya lumayan rame. Nah, spot foto yang hits banget itu yang kayak di atas batu gede ternyata tuh di luar pagar pembatas. Dan belakangnya langsung jurang. Emang keren banget sih kalo foto disitu, tapi fatal banget kalo jatoh. Jadi kami waktu itu lebih mengutamakan keselamatan daripada foto keren. Kebanyakan yang foto di atas batu itu cowok-cowok sih dan ga ada penjaganya. Mungkin petugas sana ngerti juga kali ya kalo emang spot itulah yang jadi daya tarik orang untuk dateng kesana.

Selesai dari Tebing Karaton kita mampir makan siang dulu ke One Eighty Coffee. Paginya sengaja hemat-hemat biar pulangnya bisa makan enak haha. Inget, budget 500 ribu. Meskipun bisa banget ke ATM kalo ternyata duitnya kurang, tapi itu target kita sendiri. Dan yang bikin penasaran, resto ini ratingnya 4.9/5 di Zomato.

Selesai dari sana pulang deh kita. Balik ke Bekasi baru Jakarta.

See you on the next trip!