others

Mengintip Kantor Nutrifood

May 31, 2017

Pada salah satu kegiatan Sinergi Muda, yaitu IndonesianYouth Pitstop, gue berkesempatan untuk mengadakan serta mengajak anak-anak muda Indonesia melakukan company visit ke Nutrifood. Karena ini merupakan kegiatan cluster Kesehatan dan Kesejahteraan, maka dipilihlah Nutrifood karena kami ngerasa perusahaan ini cocok banget dengan tema yang ingin kami bawakan, "Fun Way to be Healthy".

Acara dimulai on time pukul 9 pagi di kantor Nutrifood. Iya, yang di kawasan industri Pulogadung itu, yang jauh banget itu. Gue yang biasa jam 7an baru bangun tidur, hari itu jam 8 kurang gue udah sampe di Nutrifood. Gila, achievement banget. Seniat itu sih karena selain emang wajib on time panitia acara, penasaran juga sama kantor Nutrifood yang katanya kece banget itu.

Dari luar gedungnya tampak biasa aja. Begitu masuk ke lobby, mulai kerasa nih sentuhan modern dan fun-nya. Masuk lagi ke dalam, semakin kerasa atmosfer "Rumah Kedua"-nya. Nutrifood mengusung konsep "Rumah Kedua" untuk kantor mereka, karena mereka pengen karyawan sana menganggap kantor sebagai rumah kedua mereka. Makanya mereka coba buat senyaman mungkin.







Kami disambut dengan ramah sama orang HR-nya disana. Sembari menunggu acara mulai, kita duduk-duduk dulu, liat-liat, foto-foto. Disini mereka mempersilakan kita kalo mau foto-foto, snapchat, atau bahkan nge-vlog.

Tepat pukul 9 pagi, ada sambutan dari pihak Nutrifood dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai K3, jaga-jaga jika terjadi keadaan darurat. Wah ini bagus banget sih menurut gue. Gue nggak kepikiran sama sekali kalo bakal dijelasin K3-nya dulu sebelum memulai sebuah kegiatan. Simpel tapi penting sebenernya dan sering terlupakan.

Acara dilanjutkan dengan office tour. Kantor Nutrifood terdiri dari 4 lantai, dan kita dibawa keliling-keliling ke 3 lantai, karena lantai paling atas itu khusus untuk karyawan. Pertama kita dijelasin tentang ruangan dimana kita berada, semacem waiting room-nya gitu dan ada tempat buat meeting lesehan. Di sebelah kiri kita ada ruangan yang eye-catching banget, yaitu perpustakaan. Selain buku-buku, disana juga ada beberapa permainan.






Lalu masuk ke dalam, ada mushala dan ruang konseling! Ini kantor kedua yang gue temukan punya ruang konseling sendiri setelah PwC. Gue salut banget sih sama kantor yang memperhatikan mental health karyawannya. Jadi disini mereka mendatangkan psikolog dari luar untuk memberikan jasa konseling. Selain itu, mereka juga punya ruang pemeriksaan kesehatan yang mendatangkan dokter dari luar. Nutrifood, you won my heart. Sayang, kami ga diajak masuk ke kedua ruangan ini.

Lanjut lagi kita menuju ke arah kantin, sembari ngelewatin ruang kerja dan parkiran motor yang hijau. Disini setiap ruang kerja dekorasinya beda-beda dan masing-masing dekorasi ada filosofinya tersendiri. Oh ya, banyak dari furnitur dan dekorasi mereka yang merupakan hasil recycle loh. Jadi mereka kerjasama sama pihak ketiga untuk mengolah sampah dan limbah jadi sesuatu yang bermanfaat. Keren ya?

\


Masuk ke kantin, kantinnya lumayan luas dengan banyak meja dan kursi berwarna oranye. Kenapa oranye? Karena ternyata warna oranye itu membangkitkan selera makan. Sedikit bocoran, kalo kamu lagi diet katanya bisa pake piring warna hitam atau biru untuk menurunkan nafsu makan. Teruus disini tuh makan siang gratis. Jadi karyawan bisa milih menu makanan sampe seminggu ke depan via aplikasi. Ini salah satu cara juga untuk Nutrifood memperkirakan jumlah produksi makanannya, supaya ga banyak makanan yang terbuang.



Terus katanya kalo after office hour kantin ini juga suka dipake buat olahraga. Nah ngomong-ngomong olahraga, disini buanyak banget fasilitas olahraga. Mereka punya gym sendiri, terus after office hour banyak kelas-kelas olahraga kayak yoga, zumba, body combat, dll. Bahkan mereka punya jadwal sendiri untuk para karyawan yang mau ngajarin temen-temennya, misalnya balet gitu. Selain itu, mereka juga kadang ngadain olahraga macem basket, futsal. Gue yang lagi seneng-senengnya olahraga langsung ngiler banget sama fasilitas olahraga disini. Nah, untuk budaya sehat ala Nutrifood yang lebih lengkap, akan gue ceritakan terpisah ya.


Terus ketika lagi jalan di sebuah lorong, di dindingnya banyak foto-foto yang di-frame-in. Ternyata itu adalah foto-foto karya karyawannya yang menang kompetisi foto. Di salah satu dinding tangga juga ada kolase foto-foto yang ternyata diambil dari Instagram para karyawannya.



Terus kita diajak keliling lagi ke ruangan-ruangan kerjanya yang kece-kece. Ada yang colorful, ada yang tema Scandinavian, ada juga yang tema 3R: Reduce, Reuse, Recycle, dimana barang-barang di ruangan ini merupakan hasil recycle termasuk kursi dan mejanya. Btw mereka juga punya dapur kecil loh untuk karyawannya masak makanan sehat.




Setelah office tour, acara dilanjutkan dengan sharing session dari pihak Nutrifood tentang budaya sehat yang diterapkan oleh Nutrifood. Ini seru dan menarik banget sih buat gue. Banyak cara-cara unik yang kayaknya gue ga bakal kepikiran buat nerapin budaya hidup sehat. Detilnya akan gue ceritakan di post terpisah ya.

Selesai sharing session, saatnya workshop. Peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan sebuah kasus lalu harus memberikan solusi-solusi yang kreatif dan seru serta bisa diterapkan, jadi ga ngawang-ngawang gitu. Ada kasus tentang kesehatan, lingkungan, sama satu lagi lupa. Setelah itu perwakilan masing-masing kelompok akan mempresentasikannya ke depan.



Saat itu gue yang ditunjuk untuk maju sebagai perwakilan kelompok. Yaudah maju deh presentasi singkat. Setelah semua kelompok presentasi, acara dilanjutkan dengan makan siang. Makanan disini pastinya sehat dan surprisingly enak-enak banget loh! Serius enak banget. Padahal biasanya makanan sehat gitu kan kurang enak ya, tapi ini beneran enak banget. Diriku semakin bahagia.

Di akhir acara sebelum pulang diumumin kelompok dengan ide paling menarik dan ternyata kelompok gue keluar sebagai pemenangnya! Yippiie. Bangga sih karena bisa mengeluarkan ide-ide kreatif dalam waktu singkat dan solusinya diakui menarik oleh pihak Nutrifood :")



Sinergi Muda x Nutrifood

Kalo mau liat sekilas tentang kegiatan ini, silakan tonton video di bawah ini atau klik link ini :)



You Might Also Like

0 comments