life

Healthppy

April 21, 2017

"Take care of your body. It's the only place you have to live."
- Jim Rohn


Kesehatan dan tubuh itu adalah investasi. Seperti yang pernah gue ceritakan, semakin kesini gue semakin menyadari pentingnya investasi, pada tubuh sendiri. Dalam bentuk kesehatan. Karena kalo bukan kita sendiri yang menjaganya, lalu siapa lagi?

Sebenernya dulu gue bukan pecinta olahraga. Bukan banget. Dulu di sekolah olahraga cuma pas jam pelajaran aja. Lalu pas kuliah baru "terpaksa" rutin banget olahraga karena ikut marching band. Olahraganya mulai dari lari, pemanasan fisik yang lumayan berat, sampai nari. Nari itu berkeringat banget juga loh.

Setelah berhenti ikut marching band, gue ngerasa tingkat happiness gue menurun dan lebih gampang stres. Disitu gue coba lihat balik, ternyata selama marching band itu gue cenderung stress-free dan hampir selalu happy. Meskipun kuliah, organisasi, dan MB itu padat dan berat, tapi dengan ikut MB yang jadi rutin berolahraga (plus ketemu temen-temen yang bikin ketawa terus) itu gue jadi bisa release energi dan stres. Karena ternyata bener, olahraga itu menghasilkan hormon endorfin yang bikin kita happy.

Years after berhenti MB gue mulai mencoba olahraga lagi. Intensitasnya masih minim banget. Seminggu sekali udah Alhamdulillah. Tahun depannya lagi, ketika kerja, Alhamdulillah di kantor ada yoga gratis seminggu sekali dengan instruktur yoga terbaik yang pernah gue temui. Terbaik dalam arti dia sangat positif dan empati sama murid-muridnya. Belum pernah gue temui guru yoga yang sebegitu encouraging, positif, dan begitu memperhatikan setiap muridnya. Jadinya semangat juga buat rajin yoga.

Yoga seminggu sekali itu gue masih ngerasa kurang banget. Tapi emang dasar emang anaknya mager, gak tergerak tuh ikut olahraga lain. Paling banter cuma follow Instagram komunitas-komunitas atau studio olahraga, ngelike-like-in fotonya. Paling beberapa kali ikut event olahraga, itu pun karena diajak temen-temen.

Tapi setiap kali berolahraga, gue ngerasa seneng. Beneran timbul rasa senang setelah berolahraga. Bergerak berkeringat itu rasanya menyenangkan. Kalo kata salah satu dekorasi di tempat fitness gue, "Love the feeling". Yes, I just love the feeling when I do exercise. Gue ngerasa ikut olahraga-olahraga begini satu kemajuan buat gue. Still a baby step but it's better than no action at all, isn't it?

Meskipun gitu, gue masih ngerasa lemah. Stamina turun banget dibanding dulu pas MB. Pulang malem dikit, sakit tenggorokan. Tidur malem dikit, besokannya masuk angin. Lemah banget lah gue ngerasanya, sampe ngomel ke badan sendiri kayak, "Ini apa-apaan sih? Lemah banget." karena dulu inget-inget pas jaman kuliah + MB, literally tiap hari pulang malem, mobilitas tinggi. Pernah dari luar kota berjam-jam, bergerak, terus langsung lanjut MB sampe malem, terus besokannya kuliah. Temen-temen pada tumbang, lah disitu gue heran karena gue ngerasa biasa aja. Badan masih kuat dan ga ngerasa capek sama sekali. Dan disitu gue sadar itu adalah pengaruh dari rajin olahraga. Karena gue engga minum vitamin sama sekali.

Lalu pas di kerja dan berkegiatan dikit, pulang malem, gue jadi gampang sakit. Disitulah gue ngerasa puncaknya gue bener-bener ngerasa butuh olahraga rutin. Akhirnya gue memutuskan untuk ikut fitness. Mau ikut fitness ini juga sempet galau banget karena mesti ambil paket setahun dan kalau nggak setahun kena penalti, terus beberapa temen juga ga menyarankan ikut fitness, karena katanya biasanya semangat di awal doang, ujung-ujungnya nanti ga pernah dateng lagi terus cuma buang duit buat bayar bulanannya.

Tapi karena gue udah ngerasa sebutuh itu, terus kebetulan dapet tempat fitness deket kantor dan murah, di bawah 400 ribu perbulan dan itu all access. Awalnya gue pikir wah mahal nih gue harus mengeluarkan 350 lebih perbulannya. Mikir banget. Tapi ketika tau biaya fitness di tempat lain itu bisa 2-2,5 kali lipatnya, ternyata ini termasuk murah. Dan kalo rajin kesana, pervisitnya jadi murah banget hitungannya, mengingat kalo di studio olahraga sekarang rata-rata 80-200 ribu pervisitnya. Anyway, gue join fitness di Jatomi, Kuningan City.

Beberapa kali temen-temen komen, "Dyani udah kurus gitu apanya yang mau dikurusin lagi sih??", "Ini yang kurus malah rajin olahraga, lah gua?? Boro-boro." No no. Disini gue sama sekali ga berniat ngurusin badan. Malah udah cukup puas sama berat badan yang sekarang, malah kalo bisa nambahin 2-3 kg lagi. Disini gue cari sehat dan bergerak. Dengan gue bayar mahal setiap bulannya, gue jadi memaksa diri gue untuk rajin olahraga supaya uang yang dikeluarkan ga terbuang sia-sia. Even kalo lagi ujan atau weekend pun kadang gue tetep berusaha kesana.

Terus gue fitness juga bukan yang pake alat-alat gitu kok, karena jujur ga ngerti cara pakenya :") Gue biasanya ikut kelas, mulai dari yoga, body balance, sh'bam, zumba. Disini kelasnya banyak dan lumayan variatif baik untuk cewek maupun cowok. Mulai dari mind, body-shaping, sampai kardio. Tadinya di awal gue bertekad untuk nyobain semua kelas dulu, baru nanti nentuin mau fokus dimana. Tapi gue udah terlanjur jatuh cinta sama body balance dan sh'bam, jadi males nyoba yang lain-lain hehe. But soon lah cobain semua. Pengen juga sih main alat untuk ngebentuk otot, supaya berat badan ga gampang turun. Tapi berhubung belum tau cara pakenya, yaa nanti-nanti lah. Hehe.

Dengan rutin ikut olahraga, gue jadi jauh lebih sayang sama badan dan kesehatan. Secara otomatis, jadi milih makanan yang lebih sehat dan sangat mengurangi makanan-makanan ga sehat. Bukan gue menahan diri untuk ga makan-makanan ga sehat, tapi jadi ga nafsu aja. Dulu yang makan gorengan bisa banyak (3-5 biji sekali makan), sekarang 3 aja udah ngerasa banyak banget. Yang dulu bisa ngabisin chiki-chikian sebungkus sendiri, sekarang mau beli aja males. Pengen pun enggak. Daaan gue juga ngerasa stres dan beban pikiran berkurang, tidur jauh lebih nyenyak dan berkualitas. Luar biasa ya ternyata efeknya.

Terus beberapa kali gue pernah ikut body assessment juga, mulai dari body composition analysis buat tau persebaran lemak dan otot dimana, kepadatan tulang, fleksibilitas. Dan dari situ kita bisa tau apa yang harus ditingkatkan atau dikurangi, olahraga apa yang cocok, sampai pola hidupnya harus gimana. Yang bikin kaget dari hasilnya adalah kepadatan tulang gue di bawah normal, belom sampai osteoporosis sih tapi udah menuju kesana. Padahal masih umur segini dan belum hamil juga. Apalagi nanti kalau mens dan hamil pasti kalsium semakin berkurang. Kalo bukan karena ikut assessmen beginian mana tau kan gue. Akhirnya gue pun coba rutin minum susu dan vitamin.

Ter-achievement yang bikin happy dan bangga adalah di umur gue yang udah 23 ini, ternyata metabolisme tubuh gue seperti anak umur 19 tahun! Bangga banget sih karena artinya makanan dan gaya hidup yang gue terapkan selama ini cukup baik. Soalnya banyak yang usia metabolisme tubuhnya jauh di atas usianya. Umurnya baru 23-25, usia metabolismenya kayak orang umur 35. Makanya gue ngerasa ini achievement banget. Jadi makin semangat buat nerapin pola hidup sehat dan lebih peduli lagi sama tubuh sendiri. Karena kalo bukan kita, siapa lagi yang akan merawat tubuh kita sendiri?

You Might Also Like

0 comments