european

Ragusa Es Italia

February 05, 2013

Kemarin siang, setelah dari kampus gue dan Agnes pergi ke Ragusa. Dari Stasiun UI kami naik kereta jurusan Jakarta-Kota dan turun di Stasiun Juanda. Mengikuti petunjuk salah seorang teman, kami menuju pintu keluar dan mencari jembatan penyebrangan. Ternyata jembatan penyebrangan yang dimaksud itu adalah jembatan busway. Setelah nyebrang, kami harus nyebrang jalan sekali lagi, lalu masuk ke jalan kecil yang berada di sebelah kanan. Jalan disana agak bikin deg-degan karena gue dan Agnes belom pernah kesana, dan disana banyak banget mas-mas -_- Untung ternyata tempatnya nggak jauh. Beginilah penampakannya

lilipoetz.blogspot.com

Yap, tempatnya terlihat jadul karena memang tempat ini sudah berdiri lama dan sepertinya emang dipertahankan seperti ini bentuknya. Di depannya banyak pedagang makanan mangkal karena ternyata Ragusa ini emang bener-bener cuma ngejual es krim dan minuman, bukan restoran.

Kami dateng pas jam makan siang, jadi rame banget pengunjungnya. Mulai dari anak muda, orang kantoran, sampe orang-orang tua. Untungnya masih ada sisa 2 tempat di bagian dalem. Dan sampe kami pulang, tempat ini masih rame banget pengunjung yang silih berganti.

Setelah duduk, ngga lama kemudian seorang pelayan tua menghampiri kami dan ngasih menu yang seadanya. Hanya selembar kertas sederhana yang dilaminating dan udah mulai lecek. Tapi tulisannya masih jelas kok. Jenis es krim yang ditawarkan cukup beragam dan harganya sangat terjangkau. Mulai dari belasan ribu sampai paling mahal 30k. Minumannya juga paling mahal 21k kalo ngga salah. Tapi dengan kamu makan es krim disini, udah dapet free air putih kok ;)

Kami pesen salah satu recommended ice cream yaitu Spaghetti Ice Cream!

Spaghetti Ice Cream (30k)


Kenapa namanya Spaghetti Ice Cream? Bukan, ini bukan spaghetti dikasih es krim. Tapi es krim vanilla yang dibentuk panjang-panjang seperti spaghetti. Di atasnya diberi sirup coklat dan taburan kacang serta sukade. 

Gue dan Agnes awalnya ragu mau makan es krim karena lagi musim hujan. Tapi ternyata es krim ini beda dari es krim-es krim lainnya. Es krim ini nggak terlalu dingin jadi ga bikin gigi ngilu. Meskipun nggak terlalu dingin, tapi es ini juga ngga terlalu cepet cair. Terus rasanya juga beda. Rasanya ngga terlalu pekat dan ngga terlalu manis. Enak! Topping-topping di atasnya menambah kenikmatan es krim ini :9 Ketika esnya mulai mencair, gue liat kayaknya kadar air di es krim ini cukup banyak jadi mungkin ngga terlalu manis dan pekat.

Meskipun gue makan es krimnya seporsi berdua, tapi ternyata sebenernya bisa loh seporsi itu diabisin sendiri. Karena porsinya ngga terlalu banyak dan makan banyakpun nggak eneg. Gue malah ngerasa seporsi berdua itu kurang :p

Tapi kekurangan itu ditutupi dengan sate yang ada di depan Ragusa ini. Karena emang waktunya makan siang, kamipun pesan sate di abang-abang depan Ragusa. Makanannya boleh dibawa ke dalem kok. Satenya lumayan enaak tapi kecil-kecil >.< dan agak kaget pas bayar ternyata seporsi harganya 23k! Terbilang mahal untuk porsi segitu mengingat ukuran satenya kecil-kecil. Tapi nggak heran sih karena pasti udah dikomersilin banget.

Back to Ragusa. Pelayanannya sih pas-pasan karena tempat ini emang ramai tapi pegawainya terbatas. Kebersihannya juga cukup terjaga, tapi waktu itu di meja gue ada kecoa kecil :( Meskipun begitu, overall es krim legendaris ini worth to try kok :)



Ragusa Es Italia
Jl. Veteran I no. 10, Gambir
(deket kali, seberang Istiqlal)
(021) 3849123

You Might Also Like

0 comments