life

Underthinking

March 15, 2020

Ada yang pernah nonton Panda Channel disini? Kalo langganan cable TV tertentu ada yang nyiarin Panda Channel. Dulu gue bingung banget tujuan dari channel ini apa, karena isinya bener-bener cuma tayangan panda yang lagi tiduran, goler-goler, dan makan di kandangnya. Kayak, apa faedahnya coba?

Sampe suatu ketika temen gue bilang kalo Panda Channel ini tujuannya untuk semacam meditasi atau relaksasi. Ketika seseorang nonton Panda Channel, ngeliatin panda yang ga ngapa-ngapain, dia cuma akan ngeliat pandanya tanpa mikirin hal-hal lain. Ngeliat panda yang lagi santai akan bikin ikut kita ngerasa rileks. Pas gue pikir-pikir bener juga sih. Gue pernah ngobrol sama seorang temen yang belajar meditasi, dia bilang meditasi itu bukannya bener-bener ngosongin pikiran dan ga mikirin apa-apa, tapi fokus sama satu hal dan put attention ke hal itu aja. Dengan konsep kayak gini, make sense sih kalo si Panda Channel ini bisa buat media meditasi dan relaksasi. Sejak saat itu, gue ngeliat Panda Channel ini secara berbeda, malah amazed karena creatornya kepikiran aja bikin konsep kayak gitu haha.

Yang setahun belakangan ini juga gue rasain adalah efek relaksasi ketika bersih-bersih dan masak! Agak lucu emang, tapi ternyata kedua kegiatan ini bisa bikin gue rileks apalagi ketika lagi penat. Dulu gue bingung banget kalo ada temen yang hobinya bersih-bersih dan beres-beres kalo lagi stres. Pasti gue akan bilang, "Lo ke kostan gue dong kalo lagi stres, bantuin beresin kamar gue" wkwk. Kayak... Beres-beres kan capek dan malesin ya. Kok bisa orang stres malah pengen beres-beres.

Tapiii setelah gue punya kamar dan kamar mandi sendiri, dan bertanggung jawab atas kebersihan kamar dan kamar mandi itu, gue mulai paham kenapanya. Gue yang jadi lumayan rutin bersih-bersih sendiri, ternyata menemukan kepuasan tersendiri ketika bersih-bersih! Sejujurnya ada opsi untuk minta tolong ART bersihin, but I choose not to. Gue lebih milih untuk bersihin sendiri, dan jujur gue menikmati prosesnya. Apalagi nyokap memfasilitasi dengan alat bersih-bersih yang gemes, gue jadi semangat buat nyikat kamar mandi, bersihin kloset, ngelap furnitur haha.

Jujur awalnya cuma nitip beliin alat yang buat ngelap debu, eh dibeliin seperangkat wkwk. My mom is always extra

 Buat ngelap debu

Buat bersihin kaca
Buat nyapu rumput-rumput sintetis


The cutest sikat WC I've ever seen! Wkwk gemes banget. Kalo ga dipake bisa jadi dekorasi kamar mandi
Bahkan pas lebaran ditinggal mudik ART, gue yang biasanya mager banget kerja bakti, tahun kemaren dengan senang hati beres-beres rumah kayak nyapu, ngepel, cuci piring, dan pekerjaan rumah lainnya. Aneh banget jujur karena biasanya ga suka haha. Sekarang gue ngerasa saat bersih-bersih itu gue fokus untuk ngebersihin dan ngerapiin, jadi ga ada slot untuk mikirin atau overthink hal-hal lain. Jadi ga perlu mikirin hal-hal yang ga perlu atau ga mau dipikirin. Mungkin ada elemen mindfulness disini.

Begitu juga pas masak. Gue yang sejak kecil ada ART di rumah, terbiasa untuk menyerahkan segala urusan dapur ke ART. Mau sarapan, goreng nugget, bikin mie, sampe makan besar biasanya disiapin ART. Karena ada fasilitas ini gue pun jadi ga terdorong untuk ke dapur. Padahal ketika masak, gue suka prosesnya. Sadar akan hal ini, gue pun mulai membiasakan diri untuk masak sendiri. Belum yang sampe masak makanan berat, sekedar bikin telor, mie, nugget, ngukus siomay, atau sarapan lainnya yang biasanya minta tolong ART bikinin sekarang sebisa mungkin gue bikin sendiri. Kalo ga buru-buru banget gue ga akan minta tolong.

Masak makanan yang lebih kompleks kayak pasta dan steak pun gue sangat menikmati prosesnya. Belum sampe makanan yang kompleks banget kayak makanan Indonesia sih, karena tujuan utama gue masuk dapur bukan ningkatin skill masak, tapi me-time and get mindful moment. Makanya gue jarang banget coba bikin menu-menu baru dan masaknya itu-itu aja. Buat gue, skill masak meningkat itu bonus, bukan sesuatu yang dikejar banget. Kadang lucu juga sih ngerasa happy kalo daging yang tebel-tebel itu matang sampe dalam tanpa gosong luarnya. Wkwk definisi bahagia itu sederhana.

Lebih bahagia lagi ketika bisa kreatif nyampurin bahan-bahan yang ada jadi sesuatu yang enak, dan makanan sederhana yang dibuat itu disukain sama orang yang makan. Paling yang gue ga suka dari masak itu nyuci peralatan setelahnya :p

Sekarang gue ngerti kenapa nonton Panda Channel, masak, dan bersih-bersih bisa jadi penyaluran stres buat orang-orang tertentu, because for me it is too.

You Might Also Like

0 comments