life

UAE Trip 101 - Part 4

February 01, 2020

OMG ga nyangka sudah sampe postingan ke-4 (dan terakhir). Niat hati maksimal bikin 3 post ternyata ga cukup. Fix ini travel post terpanjang gue. Gapapa namanya juga 101 post jadi pasti banyak infonya kan hehe. Di post ini masih akan melanjutkan part 3 tentang obyek-obyek wisata di Dubai.

Dubai Miracle Garden
Dubai Miracle Garden ini adalah taman bunga yang hanya buka selama winter, yaitu bulan November-Maret. Gue kesana sore hari dan agak buru-buru karena ngejar sebelum gelap. Kesini enakan siang sih supaya lebih santai dan dapet cahaya natural. Beli tiketnya on the spot aja karena harga di online sama aja, yaitu seharga 55 AED. Antrenya pun juga biasa aja, paling 5 menit.

Banyak bunga-bunga~ Bunga-bunga~
*you sing you lose*

Candid by bapake

Selain bunga-bunga yang dibentuk macem-macem, yang menarik disini adalah banyak banget tempat leha-leha mulai dari ayunan buat duduk dan tiduran, hammock, dan spot santai lainnya. Kalo gue punya banyak waktu disini gue akan leha-leha disana sih karena pewe banget keliatannya dan anginnya juga sepoi-sepoi.

PR-nya paling transportasi kesini karena lokasinya jauh dan transportasinya cuma ada bus no 105 dari Mall of Emirates Metro Station. Tapiii waktu itu gue akhirnya nyerah dan mutusin naik taksi dari metro station karena ternyata shelter untuk bus no 105 itu jauh banget, berjarak 20 menit jalan kaki dari metro station dan kita ngejar waktu sebelum gelap.

Global Village
Global Village ini juga obyek wisata tematik yang hanya ada selama 6 bulan, yaitu dari Oktober-April. Lokasinya juga jauh dari pusat kota, tapi berdekatan sama Dubai Miracle Garden. Global Village ini semacam PRJ kalo di Jakarta, karena bener-bener jualan segala macem. Bedanya, disini itu isinya tematik berbagai negara. Jadi akan ada beberapa participating countries yang tiap tahunnya beda-beda, dan mereka akan bikin 1 kawasan market yang menjual berbagai macam barang dan makanan dari negara itu. Tapi jangan ditanya, harganya tentu mahal hehe.

Ngga cuma jualan, mereka juga bikin bangunan-bangunan bertema negaranya gitu. Nah kalo bangunan ini ngga cuma participating countries tapi banyak juga icon berbagai negara seluruh dunia. Terus disini juga ada berbagai macam pertunjukan yang jadwalnya bisa diliat di website mereka. Kalo gue sih waktu itu sedatengnya aja lagi ada pertunjukan apa.

Ramenya jangan ditanya. Rame banget! Bener-bener kayak PRJ deh dari suasananya, isinya. Di tengah-tengah ada lapangan juga buat orang kongkow. Di salah satu sudut ada wahana-wahana permainan ala pasar malam gitu. Dulu nyokap sempet ditawarin kenalannya untuk ngisi barang jualan di Global Village, tapi engga ikutan karena terlalu jauh.

Global Village sendiri baru buka jam 4 sore sampe tengah malam, mungkin karena mereka pengen nonjolin lampu-lampunya yang baru akan keliatan bagus di malam hari. Untuk tiketnya bisa dibeli online dan on the spot seharga 15 AED. Kalo gue waktu itu beli via headout.

Untungnya, disini banyak bus dan kebetulan ada bus yang langsung ke depan hotel. Perjalanan dari sini ke hotel gue sekitar 1,5 jam. Nah tapi karena waktu itu udah malem dan tinggal kami, si supir busnya kayak cepet aja gitu, kita udah pencet tombol stop tapi dia ga ngeh apa gimana akhirnya kelewatan dan gue turun di halte berikutnya. Jadi make sure bahwa tombol stopnya kepencet dengan benar ya.

La Mer & Jumeirah Mosque
Kembali ke kota, kali ini kita ke La Mer yang merupakan kawasan pinggir pantai berisi toko dan resto mirip-mirip The Beach. Again, mirip-mirip karena pengelolanya sama-sama Meraas. Bedanya, La Mer ini jauh lebih sepi dari The Beach. Ngga tau karena gue kesininya weekday di hari Senin sedangkan The Beach weekend, karena kepagian, atau emang lebih sepi aja si La Mer ini. Alhasil gue cuma walkthrough bentar disini dan langsung cabut lagi. Paling yang iconic dari La Mer ini adalah bangunan-bangunan berbentuk rumah yang warna-warni.

Ngga jauh dari La Mer ada Jumeirah Mosque. Jumeirah Mosque ini masjid yang agak tradisional gitu di Dubai. Beda sama Grand Mosque yang emang udah modern. Bedanya mereka nyediain penutup kepala gratis untuk turis yang berpakaian tidak menutupi aurat, ga kayak Grand Mosque yang harus sewa abaya. Tadinya mau masuk ke Jumeirah Mosque, tapi akhirnya ngga jadi, foto dari seberang aja.

City Walk
Dari Jumeirah Mosque tadinya mau naik bus ke City Walk. Tapi ternyata busnya agak lama dan kalo dihitung-hitung, naik taksi dibagi 4 orang tarifnya sama aja dengan naik bus. Jadinya kita naik taksi deh. City Walk ini just another shopping & dining spot yang berada di tengah kota. Gue kesini akhirnya cuma makan aja sih, ga tertarik untuk eksplor lebih jauh.

Satu-satunya foto di City Walk saking ga menariknya wkwk.
Ini lagi mau nyobain tester sorbet yang ternyata enak banget!

Desert Safari & Desert Dining
Ini dia destinasi wajib kalo ke UAE! Wajib banget nyobain wisata gurun. Di Dubai dan Abu Dhabi ada, tapi kalo gue ambil yang di Dubai. Desert safari ini ada 2 pilihan waktu; pagi dan sore-malem. Kalo gue baca-baca, yang pagi itu cocok kalo mau beraktivitas macem-macem kayak naik unta, sandboarding, naik ATV, dll, sedangkan yang malem cocok kalo mau ngerasain makan malam dan nonton pertunjukan di gurun. Oh ya mereka ada opsi camp juga untuk nginep disana.

Kalo browing desert safari dubai, pilihannya ada baaanyak banget dijamin akan bingung pilih yang mana. Kalo gue tanya sama orang yang tinggal di Dubai, dia bilang sih pilih yang murah aja karena basically mereka itu sama semua. Makanan dan pertunjukan malam harinya pun sama. Cuma cek lagi ya isi packagenya apa aja karena ada yang ga pake dune bashing, ada yang naik bus, ada yang udah termasuk ini itu dan ada yang belum. Umumnya sih aktivitas kayak naik unta, sandboarding, ATV gitu bayar lagi.

Nah kalo di Dubai itu, berdasarkan hasil pencarian gue ada 2 daerah yang paling terkenal yaitu yang di atas-atas ke arah Deira dan Platinum Heritage Desert Safari yang lebih ke bawah (kalo dari peta). Bedanya, kalo yang Platinum Heritage itu lebih eksklusif dan ngga ada dune bashing. Menurut gue pribadi sih desert safari biasa lebih menarik karena ada dune bashing dan secara view gurunnya lebih berasa gurun. Kalo yang Platinum Heritage gue liat di internet agak-agak kayak gumuk pasir gitu yang masih banyak tanaman ijo-ijo, sedangkan desert safari yang deket-deket Deira beneran kayak gurun gitu.

Dan kalo desert safari wajib banget cobain dune bashing, dimana kita naik mobil 7 seater yang ngebut dan ngepot alias drifting di tengah gurun gituu. Awalnya gue ragu kan mau nyoba, tapi ternyata seru banget asli! Kayak naik roller coaster tapi di tengah gurun. Drivernya jago banget siih dan yang bikin was-wasnya juga adalah kita ga tau dari balik gurun itu apakah ada mobil lain apa engga karena jalur bebas aja gitu ga ada jalur khusus. Bisa aja tiba-tiba ada mobil dari arah berlawanan tiba-tiba dateng. Tapi sepengalaman gue kemaren sih drivernya udah tau jarak aman gitu jadi kalopun papasan sama mobil lain, jaraknya jauh.

Lalu, gimana mekanisme desert safari tour ini? Kalo gue kemaren booking online dulu via headout untuk package yang sore-malem berikut desert dining-nya. Nah pas booking itu kita udah harus masukin nama hotel kita karena kita akan dijemput dan dianter balik ke hotel. Tadinya gue pengen dijemput di tempat lain gitu ternyata ga bisaa, hanya bisa anter-jemput ke hotel. Akhirnya harus ngubah itinerary deh dimana paginya jalan-jalan dulu, balik ke hotel, baru desert safari.

Di hari H driver-nya akan hubungin via whatsapp. Nah waktu itu awalnya drivernya bilang mau jemput jam 2an, tapi ternyata dia jemput tamu lain dulu dan tamu itu ga bisa dihubungin. Akhirnya gue baru dijemput sekitar 1,5 jam kemudian -_- Disitu gue baru tau kalo dalam 1 mobil ga cuma keluarga gue tapi gabung sama tamu lain juga. Jadi 1 mobil ada 7 tamu.

Sejujurnya sebel sih dengan mundurnya jadwal dijemput ini karena durasi desert safarinya jadi cuma dapet sebentar banget dan serba buru-buru karena ngejar sebelum gelap. Maklum, di gurun ngga ada lampu dan juga kita ngejar desert dining yang emang udah ada jadwalnya.

Pertama kita dibawa ke tempat main ATV gitu. Disini juga ada jualan makanan dan souvenir. Kayaknya sih si drivernya ini kerjasama sama tempatnya, semacam dapet komisi gitu karena dia encourage kita banget untuk main ATV atau mobil disana. Padahal mah ga kesini juga gapapa, gue lebih pengen lama di gurunnya.

Setelah itu kita baru dune bashing di tengah gurun, lalu berenti sebentar buat foto-foto. Buat foto-foto cuma 10 menitan boook, bener-bener sebentar banget karena ya itu tadi waktunya terbatas. Fotonya harus buru-buru. Udah gitu cuma 1 spot lagi dan ga kena sinar matahari huft. Sebel sih tapi mau gimana lagi, ga bisa apa-apa karena ngejar waktu. Untung koordinasi sama adek bagus jadi walau sebentar bisa dapet foto-foto yang oke.

Setelah itu kita ganti mobil untuk menuju tempat makan malamnya. Jadi di tengah gurun itu ada beberapa tempat makan malam gitu. Begitu turun, guide-nya udah ngarahin kita ke tempat duduk kita (bukan duduk bebas) dan jelasin apa aja yang free dan apa aja yang bayar. Teh, kopi, appetizer, dan dinner itu free udah termasuk ke dalam paket, sedangkan shisha, foto kostum arab, alkohol, dan tempat duduk VIP itu bayar lagi. Jadi kita tuh duduknya lesehan melingkari panggung, kalo VIP agak belakang tapi di kursi dan tenda gitu.

Untuk makanan dan minumannya itu ambil sendiri, tapi untuk appetizer dan dinnernya itu sifatnya kita antre dan udah dijatahin gitu. Yang perlu di-note adalah antrean perempuan dan laki-laki beda. Adek gue dan beberapa orang lain yang ga tau salah antre dan pas udah gilirannya ambil makanan ga dikasih gitu, disuruh antre ulang di barisan yang sesuai jenis kelaminnya. Untung antreannya cepet sih walau panjang, karena petugasnya udah cekatan banget dalam nyiapin dan ngelayanin.

Makanannya sendiri enak-enak sih, makanan tradisional sana gitu. Sembari makan, di panggung ada pertunjukan tari. Total ada 3 pertunjukan; tannura dance, fire dance, dan belly dance. Tannura dan fire dance yang gue tonton kemaren sih bagus, tapi yang belly dance meh. Narinya kayak asal goyang aja gitu, jarang main perut juga, masih bagusan guru belly dance di Jatomi deh.

Desert dining ini selesai jam 19.30 dan semua udah harus segera keluar, ga bisa berlama-lama gitu. Terus pas di mobil driver gue udah wanti-wanti buat ke toilet sebelum jam 19.30 itu karena pasti setelah itu toilet akan rame banget banget, bisa antre sejam. Gue pun ke toilet pas orang-orang antre makan malem dan bener sepi. Toiletnya sendiri sih yaa layak aja. Ga bersih banget atau kotor banget juga. Selesai makan, kita langsung dianterin ke hotel lagi dan sampe di hotel kira-kira jam 9 malam.

Motion Gate
Di Dubai dan Abu Dhabi itu ada banyak pilihan theme park, mulai dari Ferrari World, Warner Bros, LegoLand, Motiongate, Bollywood Park, dan IMG Worlds of Adventure. Ada yang indoor ada yang outdoor. Nah LegoLand, Motiongate, dan Bollywood Park itu berada di 1 kawasan yang sama; Dubai Parks & Resorts (DPR). Di antara semua theme park itu, yang gue dan adek gue pilih adalah Motiongate. Tadinya mau Warner Bros tapi keliatannya lebih kayak buat anak-anak.

DPR sendiri letaknya cukup jauh dari pusat kota. Dia tuh antara Dubai dan Abu Dhabi gitu. Tapi tenang aja, ada public transportation kok dari dan menuju kesana dari Dubai. Gue sendiri berangkatnya naik taksi dari Dubai Marina, lalu pulangnya baru naik bus. Kalo naik bus sampe ke hotel gue kira-kira 2 jam lah.

Motiongate ini adalah theme park yang menggabungkan 3 studio film terkenal di Hollywood; DreamWorks, Lionsgate, dan Columbia Pictures. Meskipun menggabungkan 3 studio film, tapi ternyata theme parknya ngga sebesar itu. Gue nyampe jam 11an pas mereka baru buka, dan jam 4 gue udah bisa cabut. Permainannya juga ngga terlalu banyak yang ekstrem, paling ada beberapa roller coaster aja, sisanya lebih buat anak-anak sih. Tapi tetep, gue happy-happy aja sih disana hehe.

Sekilas arsitekturnya mirip Universal Studios

Awalnya mikir ah males main ke theme park, paling foto-foto aja. Eh taunya sampe sana malah lebih excited dari adek gue buat nyoba-nyoba permainannya. Sekali duduk di roller coaster, nagih buat nyobain yang lain haha. Ternyata ku masih cinta mainan-mainan ekstrem.

Sebenernya permainan disana ngga terlalu ekstrem sih dibanding Dufan. Tapi yang bikin kaget adalah roller coaster Madagascar di kawasan DreamWorks! Iseng doang nyoba, kirain bakal yaudah aja gitu buat anak-anak, taunya gilaaa!! Gue sampe teriak-teriak sekenceng itu, bener-bener teriak dari dalam hati karena seekstrem itu. Kadang kalo main wahana ekstrem tuh gue teriak cuma buat seru-seruan aja, ga yang beneran takut gitu, tapi kalo yang ini wah gila sih, di luar dugaan banget. Gue sama adek gue se-surprised itu. Tapi asli gue seneng banget abis naik itu, rasanya lega bisa teriak bener-bener ngelepasin semua rasa dan ketakutan. Tau ga sih rasanya kalo punya beban hidup terus bisa teriak sekenceng-kencengnya? Nah ini rasanya kayak gitu. Pertama kalinya gue teriak selepas itu kayak ngelepasin beban haha.

It's really MAD! You must try it
Untung scarf diiket, kalo engga udah terbang entah kemana

Nah untuk harga tiketnya sendiri aslinya mahaal kalo dikursin ke rupiah, yaitu 275 AED. Untuk harga segini menurut gue ga worth it sih untuk ukuran Motiongate. Untungnya kemaren ada promo di TripxTours jadi 174 AED. Jauh banget kaan. Itu yang gue temuin termurah sih, web lain paling cuma diskon 20%-an gitu. Gue pun booking online dan di hari H bisa langsung scan barcode tanpa perlu nukerin tiket lagi.

Motiongate sendiri baru ramenya agak sorean gitu. Entah karena gue kesini bener-bener abis malam tahun baru jadi orang masih pada tepar apa gimana, tapi yang gue baca di internet sih emang ramenya sore ke malem. Again, kalo gue lebih suka pas baru buka jadi masih sepi dan antre permainannya cepet banget, beberapa bahkan ga antre dan bisa langsung masuk. No need to buy fast pass ticket.

***

Hoaah selesai juga bahas semua obyek yang gue kunjungi selama di UAE! Selain yang gue ceritain, sebenernya masih ada beberapa obyek lain yang bisa didatengin kayak Dubai Frame, Imagine di Dubai Festival City, dll. Kalo Dubai Frame tadinya gue mau kesana, tapi akhirnya lewatin dan liat dari jauh aja cukup sih. Ngga perlu sampe naik ke atas karena untuk liat kota dari atas udah di Burj Khalifa.

Dari pengalaman ini, gue sangat merekomendasikan untuk pilih musim winter kalo mau pergi ke Dubai karena engga panas menyiksa, ga bikin keringetan, dan banyak obyek dan program yang hanya buka pas winter kayak Dubai Miracle Garden, Global Village, Dubai Shopping Festival, dan Sunrise @ At The Top. Nah di akhir tahun 2020 nanti juga ada Dubai Expo 2020. I think it is worth to visit, mengingat itu salah satu perhelatan akbar yang udah digaung-gaungkan dari sekarang.

Tapi berdoa aja ngga kedapetan ujan karena menurut Mbak Ayang Cempaka, seorang ilustrator Indonesia yang udah lama tinggal di Dubai, kalo ujan di Dubai itu kemungkinan besar bakal banjir walau ujannya cuma sebentar. Banjirnya pun ngga main-main, bisa sampe masuk ke gedung dan meliburkan sekolah-sekolah disana. Mungkin karena disana jarang banget banget ujan kali yaa jadi sistem drainasenya ngga mempersiapkan untuk itu. Tapi lucu aja sih kota semodern Dubai banjir walau hujan ringan. Alhamdulillah selama disana gue ngga kedapetan hujan sama sekali jadi aman.

Dubai itu menurut gue kayak kombinasi antara Singapura, Arab, dan Bali. Untuk pusat kotanya kebanyakan isinya gedung-gedung bertingkat, mall, kotanya modern dan tertata rapi, dan untuk transportasi umumnya pun mirip sama Singapura. Nuansa Arab baru terasa di beberapa tempat. Nah kalo Abu Dhabi lebih mirip kayak Saudi Arabia secara bangunan-bangunannya. Terus kenapa gue bilang mirip Bali karena Dubai itu cocok buat yang mau liburan chill. Santai-santai, jalan-jalan sepanjang pertokoan dan resto, cari yang ga ribet dan nyaman, udah rapi lah. Tapi jadi kurang cocok buat yang suka adventure, cari sesuatu yang beda, dan yang suka sejarah atau heritage. Ga heran beberapa travelers bilang Dubai tuh ya udah gitu aja.

Mungkin yang menarik dari Dubai adalah semua yang disini itu serba ter. Terbesar, tertinggi, ter-ini, ter-itu. Karena tadinya mereka itu kota kosong, punya duit, lalu kerjasamalah pemerintah, swasta, dan investor untuk membangun kota modern. Nah supaya menarik turis jadi lah dibikin obyek-obyek ter- itu. Kalo kata temen nyokap gue Dubai tuh kayak BSD. Somewhat gue setuju sih secara konsep haha. Di Dubai pun masih banyak lahan kosong yang siap dibangun, kayak BSD.

Mau cari yang unik-unik juga di Dubai ada, kayak contohnya longest urban zipline, terus skydiving, ada juga dinner in the sky jadi dinner di meja dan kursi melingkar gitu terus diangkat pake alat besar. Sayangnya aktivitas-aktivitas itu mahal sih. Kalo punya duit mah silakan aja coba-cobain.

Oke, ngga afdol rasanya kalo liburan ga ngomongin makanan. Sejujurnya pas berangkat belom sempet cari-cari makanan apa aja yang wajib dicoba selama di UAE. Gue pikir ya udah lah sedapetnya disana aja adanya apa. Yang gue seneng disana adalah makanannya enak-enak dan halal! Soal harga, makanan pinggir jalan biasa rata-rata harganya 11-20 AED, kalo restoran pasti di atas 30 AED per porsi. McD aja 30an AED, mahal banget. Tapi yang perlu di-note adalah porsinya biasanya gede. Kadang gue makan seporsi berdua dan itu udah cukup. Kalo mau makan murah bisa juga beli makanan siap saji di minimarket yang tinggal diangetin. Kayak Familymart gitu lah kalo disini. Kadang gue beli buat bekel kalo tau bakal ga sempet beli makan pas siangnya.

Waktu ke Dubai Mall gue juga sempet ke hypermarketnya di basement kayak Carrefour, dan mereka jual macem-macem makanan siap saji yang emang dimasak langsung disana mulai dari nasi, ayam, salad, wrap, ada juga jus-jusan. Kayak di Carrefour sini lah, ada counter makanan siap sajinya gitu. Dan ternyata harganya murah dan rasanya enak! Porsinya pun cukup besar. Menurut gue ini better option dibanding foodcourt-nya Dubai Mall sih karena makanan di foodcourt-nya ngga murah juga. Untuk jusnya sendiri beberapa kali nyoba beli di UAE Alhamdulillah dapet jus yang emang beneran kentel dan enak.

First time nyobain the famous Shake Shack. Rasanya B aja ternyata, masih enakan burger-burger di Jakarta. Tapi milkshake-nya enak dan unik sih.
DAN INI MAHAL BANGET. Ga tau ya di negara lain tapi kalo yang kemaren gue makan mahalnya kebangetan sih kalo dikursin ke Rupiah

2 makanan yang paling mantep tuh yang pertama gue makan di Abu Dhabi begitu sampe hotel dan yang di daerah Gold Souk. Waktu itu agak asal pilih, cari yang deket aja, ternyata murah dan enak banget. Makanan tradisional sana emang juara sih. Wish that I had more opportunities to try their local food, karena walau lama disana gue ga sesering itu nyoba makanan tradisional sana. Seketemunya aja gitu.

First breakfast in UAE. Random pick yang buka aja deket hotel. Turns out taste really gewddd

Pertama kali minum jus sawo asli. Makan dan minum ini aja udah kenyang banget

Another random pick di Gold Souk karena udah laper banget. Turns out enak banget!! Jujur kuah karinya sampe bersih :)
Btw baru ngeh kalo di belakang waitersnya pada ikut foto haha

Enak dan muraah :")

Untuk minuman supermarket disana juga enak-enaak. Gue beberapa kali beli susu berbagai macam rasa, enak-enak. Kecuali yang susu kurma manis banget banget.

Happy banget nemu Cheetos keju yang ini!! Di Indo ga pernah nemu lagi yang rasa keju, adanya yang Cheetos Puff :(
ICBP please produce this again

Oke, sekian dulu cerita perjalanan kali ini. See you on the next trip!