life

UAE Trip 101 - Part 2

February 01, 2020

Setelah di post sebelumnya kita membahas persiapan keberangkatan, di post kali ini mau cerita pengalaman sesampainya di UAE, mulai dari hal-hal basic traveling sampe lebih spesifik bahas per obyeknya; Ada apa aja di dalamnya, harga tiket masuknya, rules dan dress code, transportasi, dan tips n trick lainnya. Untuk post ini hanya akan bahas destinasi di Abu Dhabi, sedangkan yang Dubai bisa dibaca disini ya. Disclaimer dulu, post-post ini akan mengandung banyak sekali foto ya hehe.

Essentials
Gue sampe di bandara internasional Dubai (DXB) sekitar jam 12 malam. Tujuan pertama sebenernya langsung ke Abu Dhabi, tapi karena tengah malem ga bisa check in hotel juga akhirnya gue nunggu di Bandara sampe jam 6 pagi. Bandaranya sendiri menurut gue masih kalah sama bandara di Indonesia. Bangunannya bangunan lama gitu, tapi fasilitasnya lengkap kok mulai dari air minum gratis, mushala, colokan, toiletnya bersih, dan tempat duduk yang layak. Nah buat international travelers, di mushala itu ada colokan universal jadi ga perlu pake converter, tapi kalo colokan di luar itu ga universal. FYI colokan di UAE itu yang ada garis 3 kayak gini:


Hal yang gue suka dari traveling ke UAE adalah disana sangat sangat convenient buat muslim, mulai dari toilet yang ada shower/semprotan airnya (ini penting banget buat cewek-cewek!), mushala yang hampir selalu ada di setiap tempat, dan makanan-makanan halal nan enak. Buat gue yang lagi males traveling ribet, ketiga hal yang lumayan jarang ditemui di negara lain ini sangat membuat traveling jadi lebih mudah dan nyaman. Toilet disana pun relatif bersih-bersih. Tapii untuk mushala, bawa mukena sendiri ya karena mayoritas mushala disana ga nyediain mukena kayak di Indonesia. Mushala aja tok. Mayoritas perempuan disana soalnya udah pake baju abaya kayak di Mekkah gitu yang tinggal shalat. Kalopun ada penutup, bentuknya ngga kayak mukena gitu.

Oh yaa hal esensial lain dari traveling adalah paket data! Haha. Waktu itu sempet mempertimbangkan antara beli sim card lokal, sewa pocket wifi, atau ga usah karena katanya disana banyak wifi gratis. Setelah diskusi sama keluarga, akhirnya gue pake Paket Umroh Telkomsel yang 9 hari karena biayanya ga terlalu mahal (Rp 275 ribu, kuota 5GB) dan lebih fleksibel dibanding pocket wifi. Ini pun gue beli sim card baru karena aslinya ga pake Tsel. Setelah ngerasain disana, ternyata bener mending pake sim card atau pocket wifi sih karena ga bisa ngandalin wifi gratis disana. Meskipun banyak, tapi kadang susah konek atau aksesnya terbatas.


Transportasi
Nah dari bandara Dubai ke Abu Dhabi, gue pesen taksi online sejak dari Jakarta. Jadi ada website semacam marketplace buat cari mobil sewaan. Sistemnya kita ngajuin mau dari mana ke mana, nanti akan masuk sejumlah penawaran kayak mobilnya apa, biayanya berapa, tinggal kita pilih. Kenapa pilih taksi online karena setelah dihitung-hitung antara pesen lewat web itu, pesen lewat Careem (kayak Gojek/Grabnya UAE), dan langsung naik taksi disana, akan lebih murah kalo pesen taksi online via web. Bayarnya pun bisa pake CC. Nanti setelah booked, orangnya akan hubungin kita untuk details penjemputan.

Waktu itu gue dapet driver orang India dan dia tau banget tentang Dubai dan Abu Dhabi, jadi sepanjang jalan banyak cerita dan dapet info mulai dari tempat-tempat disana, culture orang-orang sana dan imigran, perkembangan UAE, sampe makanan-makanan. Jadi semacam tour guide haha. Disana gue 2x naik transportasi online, kedua drivernya knowledgable dan komunikatif sih jadi ga sekedar nyetirin aja. Mereka juga dress well, bahkan salah satu driver gue itu pake jas. Mungkin tergantung tipe mobil yang dipesen juga kali ya.

Nah kalo di Dubai itu main public transportationnya adalah Metro dan Bus. Jangkauan rute Metro itu cukup panjang dan hampir semua tempat di Dubai bisa diakses lewat Metro dan Bus. Ada juga Tram dan Monorail, tapi cuma sedikit. Tram cuma ada di kawasan Dubai Marina dan Monorail cuma ada di Palm Jumeirah. Tapi Monorail ini mahal banget (20 AED), beda sendiri tarifnya sama Metro, Bus, dan Tram yang rata-rata sekali jalan itu 2-4 AED.

Station-nya mirip MRT Jakarta ya?

Inside Metro

Di Metro station juga ada informasi rute bus loh dan naiknya dari pintu keluar yang mana

Bus shelter yang pake AC. Di Dubai kebanyakan bus shelter itu pake AC dan ada TV yang nunjukin informasi bus berikutnya sampe berapa menit lagi. Tapi ngga semua shelter kayak gini, ada yang cuma plang bus stop pinggir jalan

Inside the bus. Kalo diperhatiin itu banyak ijo-ijo di tiang dan tembok, itu adalah pencetan stop ketika kita mau turun

Disana sistem pembayaran transportasinya cashless pake Nol Card. Ini semacam e-money yang bisa dipake untuk bayar public transportation (termasuk taksi) dan juga belanja di minimart tertentu. Kalo taksi bisa sih bayar cash, tapi public transp lainnya ga bisa. Nah untuk traveler kayak gue, cocoknya pake yang Silver. Untuk bedanya apa dengan kategori kartu lain bisa dibaca langsung di webnya ya. Yang penting top up lah secukupnya karena pas gue disana ternyata sisa saldo ga bisa di-refund jadi akhirnya buat ngabisin kita belanja di minimart.

Yang perlu diperhatikan disini adalah jangan lupa tap in dan tap out setiap kali naik bus dan metro. Kalo metro mungkin ga masalah ya karena ada gate-nya, tapi kalo bus mesti hati-hati nih karena kadang card reader-nya masih suka error atau lama jadi kita harus make sure bahwa itu udah berhasil ke-tap baru kita keluar dari bus. Kalo engga, dia akan deduct saldo senilai tarif tertinggi yaitu 7.5 AED. Gue dan keluarga beberapa kali gagal ke-tap dan buru-buru turun jadi ke-deduct tarif tertinggi dan saldo akhir kita beda-beda.

Nah, kalo di Abu Dhabi transportasi umumnya belum semudah di Dubai. Disana belum ada Metro, adanya bus. Kebetulan lokasi obyeknya lumayan jauh-jauh, jadi lebih efektif kalo naik taksi. Untungnya tarif taksi disana ga semahal di negara lain. Yaa kalo dibanding Indonesia tetep lebih mahal sih, tapi masih lumayan affordable dan worth it untuk tujuan-tujuan tertentu. Biasanya gue naik taksi kalo jaraknya deket banget dan nunggu bus lama (toh ber-4 jadi per orang jatohnya sama aja kayak naik bus), kalo ga ada opsi transportasi umum langsung ke obyek, atau kalo lagi kepepet waktu. Naah untuk tarifnya bisa kita prediksi lewat official website mereka. Aktualnya ga jauh dari itu kok biasanya.

Bisa juga estimasi tarif lewat Google Maps, disana akan keluar tarif Careem. Nah biasanya tarif Careem itu lebih mahal 5 AED dibanding taksi biasa, jadi biasanya gue tetep pake taksi biasa. Di saat kayak gini gue ngerasa tarif taksi di Indonesia itu murah banget asli :") Padahal kalo lagi di Indo ngerasanya taksi itu mahal. Ternyata kalo dibanding negara lain, taksi di negara kita itu murah banget guys. Kalo semua taksi di Dubai itu tarifnya sama kok, nah tapi yang menarik disana ada Ladies Taxi dimana drivernya perempuan dan yang boleh naik cuma penumpang perempuan atau keluarga. Tujuannya biar lebih aman aja buat perempuan, meskipun secara umum taksi disana aman kok.

Selama disana gue mengandalkan Google Maps banget sih. Meskipun udah ngerinciin dari mana ke mana harus naik apa, tapi pada akhirnya setiap kali mau jalan buka Google Maps lagi untuk cek transportasi paling efektif. Cuma kalo di Google Maps, jadwal Metronya ngga akurat. Metro itu jadwalnya banyak kok, dateng 10 menit sekali, tapi kalo di Google Maps bisa kayak setengah jam sekali.


Syeikh Zayed Grand Mosque
Obyek pertama sesampainya di UAE adalah masjid bunga-bunga yang terletak di Abu Dhabi ini. Gue kesana naik taksi dari hotel karena ngerasa paling efisien. Well basically selama di Abu Dhabi gue naik taksi terus sih kemana-mana atau jalan kaki kalo emang deket, soalnya public transportationnya belum sebanyak itu.

Pertama kali tau tentang masjid ini dari TV, waktu itu gue nonton liputan semi dokumenternya gitu mulai dari pembangunannya, bahan-bahan yang dipake buat ngebangun masjid ini, sampe desain arsitekturnya. Waktu itu gue terkesima banget ngeliat tayangannya, dan mikir wah dimana nih. Oh ternyata di tempat yang jauh banget yang kayaknya gue ga bakal kesana deh cuma akan ngeliat dari layar kaca aja. Who knows years later gue bisa menginjakkan kaki disana? :")





Sesuai namanya, Syeikh Zayed Grand Mosque ini adalah masjid yang besar banget, dengan arsitektur cantik didominasi pola bunga-bunga. Semua ukiran lantai dan dindingnya presisi bangett. Meskipun judulnya masjid, obyek ini terbuka untuk umum kok. Tapii di obyek ini ternyata banyak rules yang penting untuk kita tau, karena disana banyak petugas yang standby dan aktif negur orang-orang yang ngga ngikutin aturan tersebut.

Pertama, untuk perempuan diwajibkan pake baju tertutup. Baju lengan panjang, bawahan lengan panjang, ngga ketat dan ngga nerawang, serta pake penutup kepala atau hijab. Ini sifatnya wajib, kalo engga ga dibolehin masuk. Nah, mereka juga nyewain baju-baju abaya dengan kapucong (penutup kepala) untuk turis yang pakaiannya ga sesuai. Buat temen-temen yang mentingin penampilan dan outfit untuk foto, sebaiknya dari awal udah pake pakaian tertutup yang sesuai selera kalian hehe daripada pake abaya sewaan dari sana. You can check their IG tagged photos to see their abaya. Ga cuma pake abaya itu, untuk rambut yang keluar-keluar atau kapucong yang ga menutupi kepala pun akan ditegur sama petugasnya selama disana.

Nah selain pakaian, gaya foto juga diatur banget! Orang tua gue terutama nyokap beberapa kali kena tegur petugas. Pertama, sebagai suami-istri ortu gue hampir selalu foto rangkulan, itu ga boleh walau udah halal. Petugas akan nyamperin dan minta kita delete foto terakhir. Dia akan nungguin sampe kita delete foto itu di depan muka dia. Terus kalo foto juga ga boleh bergaya-gaya misalnya tangan di pinggang, tangan ngangkat ke atas, gitu-gitu. Harus foto biasa aja. Di beberapa spot bahkan ga boleh foto, tapi ini untung-untungan sih petugasnya ngeliat apa engga. Nah celahnya adalah, ambil foto beberapa kali. Petugas biasanya cuma minta kita delete foto terakhir yang dia liat "melanggar" itu, pas udah kita hapus ya udah dia pergi. Dia ga tau kalo ternyata ada shots sebelumnya dengan pose yang sama. Oh ya, tips lain kalo mau ambil foto bagus dan sepi disini, pergi lah ke sisi seberang lantai outdoornya, ke tempat shalat, karena secara angle bentukan bangunannya mirip tapi lokasinya beda. Di sisi seberang itu sepi banget, tapi kalo mau foto mesti cepet sebelum ketauan petugas hehe.


Meskipun Grand Mosque ini udah jadi obyek wisata, tapi fungsi sebagai tempat beribadahnya tetap kok. Ada ruang terpisah antara perempuan dan laki-laki untuk shalat. Pas gue mampir ke dalem, sepi bangeett asli. Ga ada orang malah kayaknya. Entah mungkin karena belum masuk waktu shalat atau emang sepi. Gue kesana sekitar jam 10 pagi FYI, dan menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam disana. Untuk tiket masuknya sendiri gratis, tapi mereka nyediain inside tour berbayar. It's good kalo mau tau sejarah, architecture details, dan proses pembangunan masjidnya.

Tempat Shalat
Tempat Wudhu Perempuan


Ferrari World dan Yas Mall
Setelah dari Grand Mosque, gue mampir ke Ferrari World yang posisinya nyambung sama Yas Mall. Ferrari World ini adalah sebuah theme park dengan tema Ferrari. Untuk Ferrari World ini gue cuma foto-foto aja sih ga masuk ke dalem, karena ga terlalu tertarik juga. Di Dubai dan Abu Dhabi itu banyak pilihan theme park, jadi bisa pilih yang lebih sesuai sama preferensi kita. Selain itu, tiket Ferrari World itu tergolong mahal.

Kalo Yas Mall sendiri itu gabungan antara Kokas dan GI deh kayaknya. Yaa kayak mall Jaksel pada umumnya aja sih. Cukup tau aja, ga perlu sampe kelilingin mallnya banget.


Maafin udah kucel


Louvre Abu Dhabi
Dari Yas Mall, sorenya lanjut ke Louvre. Yap, Louvre ini adalah "cabang" yang di Paris. Katanya sih masih lebih besar yang di Paris, tapi isinya tetep bagus (kata orang-orang yang udah pernah ke kedua Louvre). Dari Yas Mall sebenernya ada free shuttle bus ke Louvre, tapi waktu itu jamnya ngga cocok jadi kami memutuskan untuk tetep naik taksi aja.

Louvre ini adalah museum yang isinya mulai dari karya seni lintas zaman, sampai barang-barang peninggalan sejarah. Yang gue suka, di banyak dinding kaca itu ada quotes-quotesnya dan quotesnya bagus-bagus. Nah kalo mau foto-foto bagus di Louvre, bisa dateng siang agak sore gitu supaya dapet cahaya matahari, dapet cahaya sore hari, dan mungkin juga sunset.







Untuk tiketnya sendiri bisa dibeli OTS dan juga online. Kemaren gue beli online di official website-nya. Harganya 60 AED untuk dewasa di atas 22 tahun, sedangkan adek gue dapet harga 30 AED karena berusia antara 18-22 tahun. Tiketnya sendiri ada pilihan tanggalnya. Nah kalo di website lain yang jual tiket, harganya suka ngga dibedain, dipukil rata 60 AED semua jadi gue belinya di official webnya deh. Dan keputusan tempat untuk beli tiket online karena begitu sampe bisa langsung scan tiket tanpa perlu antre lagi.


Abu Dhabi Corniche
Hari berikutnya, pagi-pagi sekitar jam 9 gue ke Abu Dhabi Corniche. Jadi Abu Dhabi Corniche adalah jalan panjang pinggir pantai gitu. Sepengamatan gue jalannya kebagi 2 gitu, yang bener-bener pinggir pantai deket pasir-pasir dan juga yang jembatan menuju Marina Mall. Nah yang persis pinggir pantai itu ada stall-stall jualan gitu, cuma karena masih pagi belum pada buka. Pantainya pun masih sepi banget. Pas siangan gue balik lagi ternyata pantainya udah ramee. Gue sendiri engga ke pinggir pantainya, cuma ke yang jembatan. Itu aja bagus banget view-nya. Oh ya, jangan heran kalo di sepanjang jalan ada banyak scooter listrik kayak Grab Wheels karena disana banyak penyewaan scooter listrik gitu. Bedanya disini ga ada shelter khusus untuk parkir scooter, jadi bisa aja scooter listriknya tersebar aja gitu di sepanjang jalan. Dari beberapa yang gue liat sih free tapi mesti download aplikasi gitu. Adanya scooter ini cocok banget sih buat di Abu Dhabi karena trotoarnya lega dan sangat layak buat scooter-an, jadi memudahkan mobilisasi antartempat.




Emirates Palace
Nah, sejujurnya waktu kesini ku sempet nyasar haha. Gue tuh lupa bentukannya Emirates Palace dan nggak ngecek di Google lagi. Kita liat ada bangunan bagus dan gue sering liat di internet, gue sama bokap yakin aja kalo itu Emirates Palace. Abis jalan sekitar 20 menitan menyusuri Abu Dhabi Corniche, baru tau dong kalo itu adalah Fairmont Hotel dan kita malah jalan menjauhi Emirates Palace :") Ini pun taunya gara-gara nanya security. Kalo engga, mungkin kita udah jalan makin jauh dan sampe Fairmont Hotel.

Akhirnya kita jalan kaki balik lagi lewatin Abu Dhabi Corniche. Ga bisa naik bus karena saat itu kita belom punya nol card. Mau naik taksi juga sayang. Akhirnya kita jalan kaki jauh banget, tapi jadi ngelewatin Etihad Tower. Etihad Tower ini salah satu gedung yang cukup terkenal di Abu Dhabi karena mereka punya observation deck dimana bisa ngeliat kota Abu Dhabi dari atas. Cuma gue sih ngga tertarik jadi ga mampir.

Mendekati Emirates Palace, mulai ada beberapa turis asing lain yang kayaknya juga mau ke Emirates Palace. Jadi Emirates Place ini adalah sebuah hotel bintang 5 yang gedeee banget. Eksterior dan tamannya bagus banget kayak istana. Saking bagusnya, ini jadi obyek wisata. Mau kesini sebenernya agak deg-degan karena kalo baca di internet katanya untung-untungan gitu, kadang sama security-nya dibolehin masuk untuk orang umum (bukan tamu hotel) tapi kadang engga boleh atau harus ke restorannya. Baca di internet pun katanya ada "dresscode"-nya yaitu smart casual.

Begitu sampe di Gate 2 (gerbang masuk visitor), hampir semua yang masuk itu naik mobil. Minim banget yang jalan kaki kayak gue. Nah tapi biar ga mencurigakan kita PD aja masuk dan nyapa security-nya dengan ramah. Ternyataa begitu sampe, banyak turis lain dan bajunya juga beragam kok. Sesantai itu buat masuk, ga ditanyain security sama sekali apakah kita tamu hotel apa bukan.

Begitu sampai di bagian depan hotelnya, ternyata emang bagus banget! Lingkungannya luas, tamannya luas, sekeliling pun indah dan mewah.





Gue pun masuk ke lobby hotelnya untuk keliling dan liat-liat. Masuknya juga free kok. Dalamnya bagus sih, tapi kayak hotel bintang 5 pada umumnya lah. Sebenernya gue expect interior yang lebih bagus lagi mengingat hotel ini terkenal banget dan eksteriornya emang sebagus itu. Di lobby itu ada restoran, ada beberapa tempat duduk, dan ada toilet yang bisa untuk umum. Gue pun mampir toiletnya dan toiletnya bagus banget! Gagang pintu, shower, dan besi-besi lainnya itu berwarna emas jadi kesannya mewah. Di toiletnya pun hati-hati takut ngerusak haha. Kalo sampe rusak ga kebayang harus ganti rugi berapa.








Qasr Al Watan (Presidential Palace)
Keluar dari Emirates Palace itu udah siang dan lagi terik-teriknya. Meskipun winter, tapi kalo siang terik juga disana. Apalagi tadi udah jalan jauh banget, rasanya langsung mau naik taksi aja ke Qasr Al Watan ga mau jalan kaki. Gue naik lah taksi dari parkiran Emirates Palace. Taunya eeh deket banget! Bener-bener sebelahan sama Emirates Palace, bahkan argo taksinya ga sampe minimum fare (12 AED). Ga expect sedeket itu sih karena kalo dari Abu Dhabi Corniche keliatannya jarak kedua tempat ini lumayan berjauhan. Di satu sisi sayang ongkos taksi, tapi kalo ngeliat teriknya matahari jadi yaa lumayan worth it lah.

Sesampainya di Qasr Al Watan kita ke visitor place. Untuk tiketnya juga gue udah beli online di official web-nya mereka. Per orang seharga 60 AED dan sama kayak Louvre, kita pilih tanggalnya juga. Saran gue mendingan beli online untuk menghindari antrean tiket.

Setelah scan tiket, ada pemeriksaan keamanan juga. Nah, disini ga boleh bawa makanan. Kebetulan kemaren gue bawa makanan dan ketauan (nyokap gue ga ketauan), gue coba nego ke security-nya apakah bisa dititip disana nanti gue ambil lagi. Alhamdulillah security-nya berbaik hati ngebolehin. Dia kasih nomor untuk pengambilan barang gitu. Ini kayaknya untung-untungan sih makanan boleh dititip.

Setelah itu di dalamnya kita akan naik shuttle bus buat ke palace-nya karena area Qasr Al Watan ini luas banget! Nggak heran karena Qasr Al Watan ini adalah istana presiden. Tempat ini baru dibuka untuk umum tahun lalu, 2019. Isinya ruangannya macem-macem mulai dari Great Hall aula utama, Banquet buat ngajak tamu makan ringan, Dining Room buat makan yang lebih proper, Conference Room, Meeting Room, Library, bahkan sampe Gift Room yang isinya barang-barang pemberian dari berbagai negara, yang tentunya bagus-bagus banget.

Pas lagi liat-liat di Gift Room, salah satu security-nya ngajak ngobrol dan cerita kalo ternyata selain istana yang ini, masih ada 3 istana lainnya di belakang! Kalo ga salah 1 istana punya presidennya UAE, 1 untuk Dubai, dan 1 untuk Abu Dhabi. Tapi ketiga istana ini ngga terbuka untuk umum. Untuk Qasr Al Watan yang terbuka untuk umum pun juga kadang ditutup ketika ada acara kenegaraan termasuk kunjungan dari pemimpin negara lain, karena biar bagaimanapun tempat ini masih berfungsi sebagai istana negara.

Di pintu masuk utamanya ada 2 penjaga yang kerjanya buka-tutupin pintu tiap ada pengunjung dateng. Jadi mereka ngintip gitu dari kaca, kalo ada pengunjung yang mendekat baru dibukain pintu kayak masuk istana. Haha emang istana sih.

Begitu masuk, dijamin langsung terkesima. Interior Qasr Al Watan ini luar biasa banget! Setiap sudutnya itu super detail dan super cantik. Dari lantai, dinding, sampai langit-langitnya gila banget. Arsiteknya juara sih bisa ngedesain tempat ini se-perferct itu. Mozaik-mozaiknya beneran disusun satu per satu, cutting-annya presisi, takjub banget asli ngeliatnya. Sebagai orang visual yang seneng memperhatikan sesuatu secara detail, tempat ini eye-pleasing banget buat gue. Ditambah warnanya adalah warna kesukaan gue, biru. Gue berada disana kurang lebih 3 jam buat liat-liat, foto, dan memperhatikan setiap sudutnya. Itu pun gue belom selesai karena udah harus cabut makan :") Betah deh gue disana.


The Great Hall
Kayak ruang rapat DPRnya


Conference Room





Di bagian luarnya ada taman buat duduk-duduk, yang juga cantik banget. Oh ya, gue sempet ke mushala disana, tapi ternyata mushalanya jauh banget dan harus jalan kaki di tengah teriknya matahari. Lewatin taman, air mancur, yang sebenernya terbuka untuk umum tapi saat itu ngga ada turis lain sama sekali.



Overall, this place is a must-visit destination if you happen to be in Abu Dhabi! Lebih wajib dibanding Grand Mosque malah menurut gue.


Heritage Village
Dari Qasr Al Watan lanjut ke Heritage Village. Lupa banget kalo Heritage Village ini tutup jam 4 sore dan kita sampe jam 3.30! Baru inget pas udah sampe sana dan udah ada announcement bahwa dalam 15 menit pintu masuk akan ditutup. Wah, langsung buru-buru keliling di dalamnya.

Ternyata sisa waktu 30 menit cukup untuk gue pribadi buat ngelilingin tempat ini, karena isinya kurang menarik hehe. Jadi Heritage Village ini adalah tempat wisata yang dibangun dengan tema heritage jadi desainnya tradisional gitu. Tapi ini engga asli, bukan perkampungan lokal gitu. Isinya macem-macem mulai dari museum, toko-toko jualan, desert experience yang isinya pasir dan ada kuda dan unta, ada pantainya juga.





Di internet gue sempet baca kalo ga perlu-perlu amat mendingan ga usah kesini. Ternyata emang tempatnya biasa aja sih, ga wajib dikunjungin. Kunjungi lah ketika emang ada waktu aja. Walaupun begitu, tempat ini ternyata rame dalemnya. Untuk masuknya sendiri sih free.


Marina Mall
Dari Heritage Village gue jalan kaki ke Marina Mall. Jarak tempuhnya mungkin sekitar 15 menit. Agak jauh kalo jalan kaki, tapi terlalu deket buat naik taksi. Jadi memutuskan untuk JJS (jalan-jalan sore) aja bersama turis lainnya.

Marina Mall ini salah satu mall yang terkenal di Abu Dhabi, mungkin karena cukup besar dan dia punya sky tower untuk observation deck. Di depannya pun ada bianglala gitu. Tapi kalo dibanding mall-mall di Jaksel masih kalah siihh. Ini bentukannya agak mirip D'Mall di Depok, tapi lebih bagus. Gue kesini pun karena ada waktu lowong aja sambil nunggu jemputan ke Dubai.

Tujuan utama kesini juga sebenernya buat makan, tapi ternyata tempat makan di dalam mall itu mahal-mahal. Untungnya saat itu lagi ada food festival di bagian belakang mall yang harganya lebih terjangkau. Meskipun food festivalnya ngga kayak di Indonesia yang banyak booth gitu, tapi variasi makanannya cukup menarik karena ada makanan dari berbagai macam negara. Pilihan gue pun jatuh ke makanan Mesir!


Semacam roti prata goreng yang berisi daging sapi dan lotttssa mozzarrella cheese! Kejunya ga pelit OMG luv

Menariknya, disana juga ada kayak taman dan banyak bean bag gitu. Gue pun iseng kesana sama adek gue. Pas lagi duduk di bean bag, tiba-tiba ada sekumpulan anak kecil teriak ke gue "Apa kabar, apa kabar" gitu. Pas gue nengok, ternyata ada anak-anak kecil yang lagi ngumpul terus pengasuhnya itu orang Indonesia. Ngobrol lah kitaa haha. Selama di UAE gue cukup banyak ketemu orang Indonesia sih, baik turis ataupun orang-orang yang emang kerja disana.

Anak-anak itu menyenangkan bangeet. Mereka ramah dan berani untuk approach orang lain duluan yang jauh lebih tua dari mereka. Bahkan mereka yang lebih aktif ngajak ngobrol dan nanya macem-macem ke gue. Meskipun umur mereka masih sekitar 8-11 tahun, tapi cara pikir dan obrolan mereka cukup dewasa dan bisa gue bilang mereka adalah anak yang smart. Gue sampe amazed sendiri. Ternyata mereka bukan asli UAE, ada yang dari Jordan, ada yang dari mana, dan mereka sekolah di international school. Mungkin ini juga yang bikin mereka "cukup maju" dibanding anak seusianya. Yaa meskipun gue ga tau anak-anak lain di UAE itu kayak gimana.

Mereka juga sempet kepo isi tas jinjingan gue apa. Pas mereka tau ada kamera, mereka excited banget pengen nyoba. Ada salah satu anak yang bilang bahwa belom pernah nyoba kamera. Ternyata walaupun mereka smart dan keliatannya dari keluarga berada, orang tua mereka tetep membatasi penggunaan gadget. Mereka bahkan bilang baru akan dibeliin HP umur 12 tahun. Akhirnya mereka gantian ngambil foto dan sempet nge-vlog juga doong pake kamera gue haha.







Nah, menjelang maghrib ternyata di taman itu ada movie night. Jadi petugasnya setting screen, proyektor, speaker, dan perlengkapan lainnya untuk movie night. Ternyata itu cukup rutin diadain di Marina Mall dan menjelang jam tayangnya makin banyak anak kecil yang dateng. Sayangnya gue udah harus balik ke hotel untuk siap-siap ke Dubai, but that was a fun experience! Pengalaman yang ga mungkin didapet kalo ikut tur.



---

Read more here:
Part 1 - Pre-Departure
Part 3 - Dubai
Part 4 - Dubai

You Might Also Like

0 comments