life

UAE Trip 101 - Part 3

February 01, 2020

Wow postingan tentang trip ini sudah sampai part 3! Travel post kali ini emang lebih panjang dan detail dibanding trip-trip sebelumnya sih karena coba merangkum berbagai informasi yang masih agak jarang ditemukan di blog orang Indonesia. Setelah 2 post sebelumnya membahas persiapan keberangkatan dan obyek-obyek wisata di Abu Dhabi, di post kali ini akan bahas obyek-obyek di Dubai yang jaraknya 2 jam dari Abu Dhabi.

Gue nginep di sebuah hotel bernama Rove Healthcare City, yang terletak di daerah Oud Metha. Waktu itu cari hotel yang deket dengan public transportation dan nyediain breakfast. Awalnya pilih Time Dunes Hotel & Apartment Oud Metha tapi udah full, jadi dapetnya hotel ini yang kurang lebih setara lah. Ternyata hotel ini adalah pilihan yang tepat! Di depan hotel langsung ada bus shelter dan lokasinya deket sama metro station, mungkin 15 menit jalan kaki. Kalo naik taksi juga ga sampe 12 AED. Nah plusnya lagi dari hotel ini mereka nyediain shuttle bus ke beberapa destinasi wisata gitu jadi lumayan banget buat menghemat ongkos dan waktu.



Hotelnya sendiri mengusung konsep modern minimalis, anak muda banget sih desainnya. Simple dan colorful. Nah tapi saking minimalisnya ga bisa expect banyak juga. Amenities di kamarnya ngga selengkap hotel-hotel lain; ngga ada slipper, ngga ada bathtub, ngga ada sikat gigi, odol, dan shower cap, mereka hanya nyediain shampoo dan sabun dalam botol gede gitu, bukan botol kecil-kecil yang bisa dibawa pulang. Dan yang bikin surprised adalah saat kita dateng sama sekali ga ada bell boy yang akan nyambut di pintu dan bantu angkat koper. Kita bahkan bawa koper sendiri ke kamar. Disana juga ga ada concierge buat nitipin koper, tapi ada loker-loker untuk naro koper.


 










Tapi selain itu hotel ini oke kok. Plusnya lagi di lobby itu ada supermarket 24 jam yang lengkap, bahkan ada makanan siap saji yang bisa dijadiin bekel. Makanan di restonya sendiri enak-enak. Ini pertama kalinya gue stay di hotel selama 6 malam berturut-turut. Meskipun setiap harinya makanan buffet mereka gitu-gitu aja tapi tiap hari ada menu ala carte yang beda-beda. My favorite was their croissant! Croissant-nya gede dan renyahnya pas.


 



 

 



 




Terus di lobby hotel ini ada beberapa komputer Mac berinternet gituu yang bisa dipake secara free. Dan lucunya lagi mereka punya mini game room gitu yang isinya TV, bean bag, komputer, dan arcade game! Gue sempet main arcade game-nya dan seruuu haha. Game-game sederhana tapi bikin happy. Plus point dari hotel ini adalah colokannya yang universal! Gue udah bawa plug converter dan ternyata di hotel ini ga kepake karena bisa langsung nyolok. Jarang banget sih gue nemu hotel kayak gini. I do recommend this hotel if you happen to stay in Dubai, with those stated terms and conditions yaa.

 


The Beach & The Walk
Kedua tempat ini dikelola oleh pengelola yang sama yaitu Meraas dan letaknya sebelahan. The Beach itu pantai yang pinggirnya itu restoran, pertokoan, dan stall-stall gitu. Di pantainya sendiri juga ada aktivitas kayak jet ski. Kalo The Walk itu letaknya di lorong sebelah The Beach, isinya jalan pertokoan dan restoran juga. The Beach dan The Walk ini suasananya kayak di Bali bangeet kayak di Kuta yang buat santai-santai di pinggir pantai gitu. Yang unik dari sini ada tempat ngopi dari ketinggian gitu. Jadi ada kursi-kursi melingkar buat orang ngopi, terus kursinya diangkat naik ke atas gitu.





Ngopi di atas
The Walk


Dubai Marina
Dubai Marina hanya berjarak beberapa menit dari The Walk dan bisa dijangkau dengan jalan kaki nyebrangin jalan layang gitu. Isinya sih kebanyakan gedung-gedung, kalo untuk turis ada Dubai Marina Mall dan di bagian belakangnya ada dhow cruise, kapal untuk keliling sungai dan laut The Beach juga.



Nah demi memenuhi BM ibunda, keluarga gue pun nyobain dhow cruise-nya. Gue beli tiketnya online, ternyata kalo beli OTS lebih murah :-( Kalo beli OTS harganya 60 AED untuk 1 jam tanpa makan. Mereka nyedian opsi dinner di cruise-nya juga. Gue pribadi ngerasa kelilingnya itu sebentar banget sih dan kayak ya udah aja karena kanan kirinya gedung pencakar langit biasa. Not a must-try experience. Kalo disuruh bayar sendiri pun ku ga mau hehe. Selain di Dubai Marina, dhow cruise ini ada juga di Dubai Creek deket gold souk dan Dubai Museum. Kayaknya kalo ambil dhow yang disana lebih worth it secara pemandangan. Oh ya, kalo naik dhow cruise ini mesti buru-buru masuk ya biar dapet tempat di deck atas karena kalo di bawah indoor gitu kurang seru.

Nama provider cruise-nya Tour Dubai




Nah gue sempet ke Dubai Marina Mall juga buat numpang toilet. Disini ada yang menarik, yaitu X-Line, the longest urban zipline in the world. Jadi ini semacam flying fox panjang yang melintas di sepanjang Dubai Marina, tapi posisi kita tengkurep gitu. Gue ngeliatnya seru banget siih pengen, tapi kalo dikursin harganya 2 juta rupiah :( Sori ku belum bergelimang harta.


Umm Suqeim Beach
Ini adalah pantai yang jadi tempat terpopuler untuk photo spot gedung Burj Al Arab yang jadi salah satu icon kota Dubai. Lokasinya di deket Jumeirah Beach Hotel. NAH, kalo mau kesini pagi-siang ya guys! Karena pas sore gue kesana backlight banget gedungnya akhirnya ga dapet foto apa-apa :( Sialnya lagi, waktu gue kesana lagi ada konstruksi super gede yang juga ngalangin view-nya. Kalo pagi atau siang kesana pun pasti akan ada di konstruksi-konstruksi itu. Jadi sia-sia aja sih ku kesana waktu itu :" Akhirnya buru-buru jalan ke Souk Madinat Jumeirah untuk dapetin foto Burj Al Arab dari sisi yang kena cahaya matahari, sebelum sunset.


Backlight dan banyak konstruksi :(

Souk Madinat Jumeirah
Sesuai namanya, Souk Madinat Jumeirah adalah sebuah "pasar" yang terletak di kawasan Jumeirah. Souk sendiri artinya pasar, tapi kenapa gue kutipin karena ini ngga bener-bener pasar tradisional gitu. Mungkin lebih ke market kali yaa. Desainnya sih heritage dan mau dibikin kayak pasar, tapi tetep ada sentuhan modernnya. Rapi dan bersih juga kok ngga kayak pasar. Nah tempat ini juga salah satu photo spot Burj Al Arab yang cukup terkenal.

Inside the souk




The Pointe, Palm Jumeirah
The Pointe ini berada di kawasan Palm Jumeirah, itu loh pulau buatan yang bentuknya kayak pohon palem kalo diliat dari atas. Untuk menuju kesini cuma ada pilihan taksi karena ngga ada metro dan bus di dalam Palm Jumeirah. Ada sih monorail tapi mahal banget dan ga worth it. Kalo rame-rame naik taksi bakal jauh lebih worth it.

The Pointe itu kawasan pinggir pantai yang isinya again, pertokoan, stall. Tapi menariknya waktu gue kesana rame banget ada panggung, taman main, games buat anak-anak, dan bean bag. Di panggungnya sendiri ada acara dan live music. Gue suka sih vibesnya karena semua orang bisa berkumpul dan have fun disana. Alat permainannya pun dikerubungi orang-orang untuk main terlepas kenal apa ngga. Nah suasana meriah gini ngga tau apakah selalu ada atau di waktu-waktu tertentu aja.







Selain itu, dari pinggir pantai The Pointe ini juga kita bisa dapet view Atlantis, sebuah hotel mewah yang terletak di ujung Palm Jumeirah.



Al Fahidi Historical Neighbourhood
Setelah bosen dengan gedung-gedung dan suasana modern, Al Fahidi ini adalah pilihan yang tepat untuk dapetin suasana heritage dan tradisional. Kawasan Al Fahidi ngga semodern Dubai Marina, Dubai Downtown, dan pusat kota lainnya karena ini udah agak pinggiran. Disini pun lebih banyak orang lokal dibanding kedua tempat tadi yang lebih banyak turisnya. Kalo mau cari makanan lokal murah, disini lah tempatnya. Disini lebih ada aktivitas orang lokal.

Ada 1 tempat namanya Al Fahidi Historical Neighbourhood, isinya kayak kompleks bangunan-bangunan heritage gitu. Gue kira ini tuh bangunan tradisional sana, ternyata tetep buatan dengan suasana dan arsitektur heritage -_- Isinya macem-macem mulai dari galeri seni, museum perangko, kafe, dll. Nah tapi galeri seninya justru kebanyakan nampilin seni kontemporer. Kafenya pun jual minuman kekinian bukan yang tradisional. Jadi ini bener-bener arsitekturnya aja sih yang suasana heritage tapi sebenernya dalemnya tetep modern.





Salah satu kafenya
Contoh art exhibition-nya. Kontemporer banget kan?
Dan barang-barang ini dijual
 




Toilet lucu di kafe yang di atas. Tebak, mana toilet perempuan dan mana toilet laki-laki? :D

Gue kesini pagi-pagi jam 9an dan itu masih sepi banget. Gue bingung apakah emang tempat ini ga populer apa gimana, ternyata baru ramenya siangan. Untung sih gue kesana pagi sebelum panas dan rame jadi buat foto-foto lebih enak.


Al Seef
Al Seef ini kawasan pertokoan dan restoran juga kayak The Walk. Mirip-mirip sih karena pengelolanya juga sama-sama Meraas. Kayaknya Meraas ini emang spesialis pengelola tempat-tempat lifestyle gitu. Bedanya, disini arsitekturnya dibikin suasana heritage kayak di film Aladdin gitu, meski isinya tetep modern juga. Nah kalo ini beneran sepi. Pas gue kesana literally sepi pengunjung banget bahkan banyak toko yang masih tutup. Entah tutup atau emang kosong belum diisi, karena Al Seef ini panjang, lorongnya banyak, tapi pengunjungnya dikit jadi mungkin kurang populer juga. Usut punya usut, ternyata Al Seef ini emang kawasan baru. Gue googling pun informasinya masih agak jarang jadi kayaknya emang belum populer. Pas udah siang agak lebih rame sih tapi kebanyakan orang makan bukan belanja. Ga tau kalo sore lebih rame apa ngga, karena salah satu website merekomendasikan kesini sore hari, mungkin biar ga panas. Kayaknya bakal lebih cantik juga sih karena banyak lampu-lampu di sepanjang jalannya.



Where's Aladdin?





Dubai Museum
Mungkin ini adalah satu-satunya obyek yang bener-bener tradisional yang gue kunjungi. Museum ini bener-bener kayak peninggalan lama, beda sama semua obyek yang udah gue datengin. Dubai Museum ini berisi barang-barang peninggalan sejarah. Pas masuk kirain tempatnya kecil gitu doang, ternyata pas mau keluar kita harus menyusuri ruang bawah tanah yang isinya museum juga tapi berbentuk lorong cukup panjang dan gelap gitu. Ternyata menuju pintu keluar ini masih banyak barang-barang peninggalan sejarah lainnya. Dan Dubai Museum ini rame banget pas gue kesana. Mungkin karena Dubai Museum ini adalah obyek wajib semua wisata, banyak banget tur-tur yang bawa wisatawan kesana jadinya rame. Apalagi tiketnya yang super murah cuma seharga 3 AED. Tiketnya sendiri bisa dibeli langsung disana.



Grand Souk, Old Souk, Gold Souk, Spice Souk
Untuk sampe tempat ini kita perlu nyebrangin sungai dulu. Sebenernya ada pilihan bus atau metro, tapi gue pilih abra water taxi sebagai moda transportasi tradisional disana. Bentuknya kayak kapal kayu gitu pake mesin. Menariknya, walaupun bentuknya tradisional tapi moda transportasi ini dikelola secara resmi sama RTA yang juga pengelola metro dan public transportation lainnya di Dubai.  Bukan abang-abang kapal yang rebutan cari penumpang. Bedanya, ini bayar langsung secara cash ke petugas kapalnya seharga 1 AED. Nah, disana pun ada beberapa port yang jurusannya beda-beda. Kalo ga salah yang untuk nyebrang ke Gold Souk itu port 5. Kalo ga salah yaa..


Mau naik Abra Water Taxi dari Bur Dubai Station antrenya lumayan panjang tapi cepet kok.

The Water Taxi
On board!



Souk-souk ini letaknya 1 kawasan semua dan bersebelahan. Katanya ini adalah tempat belanja murahnya turis-turis, mulai dari souvenir, baju, kain, sampai emas dan rempah-rempah sesuai nama souknya. Di sepanjang jalan dan sudut isinya toko semua mulai dari toko yang kecil, besar, sampai toko 2 lantai. Gue sendiri ga bener-bener belanja di Gold Souk sebenernya karena disana mayoritas isinya jualan emas. Cuma ga tau kenapa yang terkenal itu Gold Souk dan Spice Souk. Spice Souk juga gue engga kesana sebenernya karena ga mau cari rempah-rempah.

Grand Souq-Bur Dubai, sebelum nyebrang pake water taxi




Tapiii pengalaman gue disini kurang baik sebenernya. Harga disini ngga semurah itu ternyata, dan mayoritas toko yang gue masukin ngegetok harga tinggi di awal gitu. Tricky-nya disini adalah mereka jarang banget yang masang tulisan harga dan kadang kalo kita tanya mereka ga mau jawab. Beberapa bilangnya belanja aja dulu, nanti diitung di akhir dan dikasih diskon. Kalo ada penjual yang kayak gini, JANGAN MAU! Sering dimahalin dan ujung-ujungnya cuma dikasih diskon sedikiit banget dari total harganya. Susah banget nego harganya.

Gue kena nih di toko pertama yang gue masukin, karena belum survey harga dan langsung beli. Pas ke toko lain astagaa harganya jauh lebih murah dari toko pertama. Tipsnya belanja disini adalah NEGO! Disini boleh banget nego, dan negonya agak sadis gapapa kalo dirasa harganya kemahalan karena emang aslinya harganya murah dan barang-barang antartoko itu kurang lebih sama. Gue sempet nego dengan bilang kalo dapet di toko lain dengan harga sekian, akhirnya dia kasih harga yang sama. Jadi sebaiknya sebelum beli cek-cek dulu toko sebelah dan kalo dapet mahal di satu toko, cari toko lain. Pastiin juga mereka mau jawab ketika ditanya harganya berapa, jangan mau ditotalin dulu karena harganya suka menjebak. Bahkan pernah abis ditotal nyokap gue belakangan dibilang kalo total harganya itu dalam USD bukan AED. Gila menjebak banget kan, ga mau lah nyokap gue.

Fakta mengejutkan lainnya adalah ternyata dibanding tempat lain harga di souk-souk ini juga ga semurah itu guys. Gue sempet belanja di Souk Al Bahar di Dubai Downtown, tepatnya di seberang Dubai Mall, ternyata harga barangnya mirip-mirip bahkan ada yang dapet lebih murah. Lebih unik-unik lagi barangnya ga kayak di Gold Souk yang barang antar tokonya seragam. Jadi tempat belanja ini memang lengkap dan terkenal, tapi ngga berarti murah banget juga gitu.

Beruntungnya, di souk ini gue ngga sengaja gue mampir ke salah satu toko dan yang ternyata yang punya itu orang Indonesia! Bahkan di tokonya ada tulisan-tulisan Indonesia juga dan pegawai-pegawainya juga bisa sedikit Bahasa Indonesia dan update sama berita-berita di Indonesia. Saat itu pemiliknya ga ada disana tapi anaknya ada. Dia bilang ibunya orang Aceh dan punya resto makanan Indonesia juga di Dubai. Dan bahagianya di toko ini harganya rasional! Dari awal mereka udah kasih harga murah dan tetep mau kasih diskon, ngga pelit kayak toko-toko lain yang gue datengin. Gue agak susah sih jelasin posisi toko ini, tapi kalo abis nyebrang naik abra water taxi kan ada shelter bus, nah itu lurus aja ke arah gold souk, nanti dia posisinya ada di pinggir jalan sebelah kiri ga masuk gang-gang gitu.

Nama tokonya Senan Sons
Yang kanan baju garis-garis itu anak pemilik tokonya

Nah yang banyak banget dijual disini adalah saffron! Di Jakarta kan lagi hits banget tuh bunga saffron yang katanya baik untuk kesehatan, ternyata di Dubai ini sebanyak itu yang jual saffron. Literally sepanjang jalan isinya saffron semua. Mulai dari toko yang jual souvenir sampe yang khusus jual saffron. Gue yang ga ngerti tapi pengen coba pun nanya bedanya antar jenis saffron itu apa. Ternyata kualitasnya beda-beda, terus ada semacam best beforenya gitu. Bau dan warnanya pun ternyata beda-beda. Gue pun beli yang kualitas medium aja. Dan tentu harganya jauh lebih murah daripada di online shop Jakarta. Again, per toko itu harga jualnya beda-beda jadi jangan lupa tanya-tanya dan cek toko sebelah ya!



Dubai Downtown
Nah sekarang kita masuk ke pusat kota Dubai yaitu Dubai Downtown. Dubai Downtown ini adalah 1 kawasan yang berisi Burj Khalifa yang merupakan gedung tertinggi di dunia, Dubai Mall yang merupakan mall terbesar di Dubai, Dubai Opera yang merupakan gedung pertunjukan, Burj Park, Souk Al Bahar, dan Dubai Fountain. Di antara yang gue sebutin itu cuma Burj Park yang ga gue kunjungin. Kirain itu taman yang udah dilewatin, ternyata Burj Park itu semacam lapangan gitu yang biasa buat event-event. Nah kalo shopping walk itu kebanyakan dibuat oleh Meraas, kalo gedung-gedung tinggi dan perkantoran disini banyak yang di-develop oleh Emaar.

Untuk Burj Khalifa gue ceritakan di bawah. Kalo Dubai Mall isinya macem-macem sih kayak mall pada umumnya. Tapi uniknya di dalem sini ada beberapa obyek iconic Dubai kayak Dubai Aquarium & Underwater Zoo dan VR Park. Meskipun Dubai Aquarium itu iconic banget karena merupakan akuarium terbesar di dunia, gue sendiri ngga kesana sih karena bukan pecinta binatang. Liat dari depan aja cukup hehe.

View around Dubai Downtown
Souk Al Bahar & Dubai Fountain yang lagi ngga ada show
Burj Khalifa view from Souk Al Bahar
Suatu momen langka: Foto background Dubai Aquarium ga ada orang sama sekali!
Mesti sabar-sabar emang kalo mau foto sepi.
Btw kalo diliat itu di dalam akuariumnya ada cage buat orang masuk dan "nyelam" :)
Toilet Fashion Atrium-nya Dubai Mall. Bagus banget asli
Di setiap bilik WC-nya ada ini dong :)

Tempat dandan yang sangat fancy di dalam toilet

Kalo Souk Al Bahar itu gedung pertokoan dengan desain heritage, tapi lagi-lagi ini bangunan modern sebenernya. Entah karena posisinya yang terlalu berdekatan dan kalah pamor sama Dubai Mall apa gimana, pas gue kesana itu sepii banget pengunjung. Padahal pas diliat barang-barang yang dijual disini menarik loh, bahkan harganya juga ga semahal yang gue bayangin. Mirip-mirip Old Souk malah. Btw dalemnya Souk Al Bahar ini mengingatkan gue sama Dharmawangsa Square.





Lalu kalo Dubai Fountain itu pertunjukan air mancur di belakang Dubai Mall, tepatnya di antara Dubai Mall dan Souk Al Bahar. Pertunjukannya sendiri baru dimulai jam 6 sore, setiap setengah jam sekali. Nah tapi karena waktu itu gue kesana malam tahun baru dan di bagian luar Dubai Mall ada acara, jadi Dubai Fountain ini ditutup untuk umum dan pertunjukkannya dialihin ke siang. Beruntungnya, pas siang gue sempet nonton fountain show-nya meski tanpa lampu-lampu. Itu pun ga sengaja kebetulan lagi disana. Kirain mereka lagi ngetes gitu buat pertunjukan malem, ternyata emang ada show siang itu.

Kawasan Dubai Opera pun juga ditutup untuk umum karena mau dipake untuk acara tahun baru. Nah Dubai Downtown ini emang jadi titik keramaian Dubai saat malam tahun baru. Gue pun sengaja kesini pas malem tahun baru karena mau ngerasain tahun baruan di kawasan ini. Untuk cerita tahun baruan disini gue ceritain secara terpisah aja kali ya haha. Sesuatu banget asli, bakal panjang kalo diceritain disini.

Dubai Opera


At The Top, Burj Khalifa
Siapa yang ngga tau Burj Khalifa, icon kota Dubai yang jadi gedung tertinggi di dunia. Nah, tempat shooting Mission Impossible 4 ini punya observation deck loh di lantai 124 dan 125 buat ngeliat pemandangan kota Dubai dari atas, namanya At The Top. Sebenernya At The Top ini bukan lantai paling atas dari Burj Khalifa, karena masih ada lantai 148 bernama SKY.

Untuk tiket masuk At The Top bisa dibeli secara online dan juga on the spot, tapi gue nyaranin untuk beli online karena tiketnya itu harus pilih hari dan jam, kecuali kalo emang kamu belum tau bakal bisa kesana di hari apa. Awalnya gue mau kesana tanggal 31 Desember pas main ke Dubai Downtown, tapi ternyata semua schedule full. Mungkin karena malam tahun baru jadi rame. Akhirnya gue kesana tanggal 29-nya. Harga tiketnya pun beda antara prime hour (3 - 6.30 PM) dan non-prime hour. Waktu itu gue beli untuk jam 11.30 AM seharga 149 AED. Gue sendiri beli via headout karena dapet diskon jadi lebih murah. Kalo harga tiket SKY lebih mahal lagi, lebih dari 2x lipat dari harga At The Top. Dan di atas SKY juga masih ada VIP lounge yang lebihh mahal lagi. Oh ya, FYI kalo winter di At The Top ini juga ada package sunrise juga loh. Jadi mereka buka pagi-pagi banget untuk ngeliat sunrise dari atas dan juga disediain breakfast.

Dengan harga tiket yang ngga murah, pertanyaannya apakah worth untuk naik kesana? Tentu jawabannya subyektif, tapi kalo gue bilang worth to experience. Untuk At The Top aja ya, kalo SKY gue rasa kurang worth it sih. Ini bukan masalah liat pemandangan dari atas aja tapi the whole experience. Jadi begitu masuk, sambil antre lift kita akan disajiin video-video tentang Burj Khalifa, dari mulai proses pembangunan, proses shooting Mission Impossible disana, sampe gimana petugas pembersih kaca disana bersihin gedung setinggi itu. Oh ya, At The Top ini masuknya dari Dubai Mall lantai LG ya.




Yang menarik adalah dari lobby itu kita naik lift langsung ke lantai 125, tapi hanya dalam 60 detik! Ini adalah lift tercepat di dunia. Tapi asli, pergerakan liftnya smooth banget ngga yang kayak bikin perut kita geli gitu. Ear-poppingnya juga ga kenceng. Di pintu liftnya itu ada tulisan mereka udah sampe lantai berapa, dan asli itu beneran cepet banget. Nah begitu masuk ke dalam lift, liftnya itu gelap banget item gitu seluruh dindingnya, tapi abis itu ditampilin gambar di seluruh dindingnya. Pas naik itu ditampilin kita udah sampe di ketinggian berapa, setara dengan apa, dan pas turun ditampilin kayak animasi dan fireworks gitu. Bagus sih.



Di lantai 125 itu bentuknya indoor, ada toko souvenir, dan ada semacam photo studio gitu. Tapi fotonya mahal banget dan editannya ga bagus. Kalo di lantai 124-nya itu semi outdoor gitu. Tapi ternyata nggak seserem itu pas udah di atas. Ngga setinggi yang gue bayangin, ngga yang bikin takut atau deg-degan pas ngeliat ke bawah. Total sejaman kayaknya gue di atas. Ketika kembali turun, di lorong keluar itu ada sejarah pembangunan Burj Khalifa gitu. Menarik sih.

125th Floor
Nah disini ngga ada lantai kaca kayak di sky tower negara lainnya. Ini cuma animasi.
Terus kalo kita melangkah seolah-olah dia retak gitu dan ada sound effect retaknya
 
124th Floor
Disuruh pegang ini sama petugas foto disana. Jadi selama disana ada beberapa fotografer gitu dan kalo berminat bisa beli fotonya. Tapi harga 1 fotonya mahal banget banget dan kurang bagus.

Nah yang PR dari At The Top ini adalah antrenya! Meskipun udah beli tiket, tapi mau masuknya itu tetep antre bangeeettt. Mau naik lift antre, mau turun lift antre. Total-total gue 3 jam dari proses masuk ke At The Top sampe turun lagi, padahal di atasnya sendiri cuma 1 jaman. Kebayang kan selama apa antrenya? Makanya mereka kasih tayangan-tayangan dan juga toko souvenir supaya kita ga bosen antre. Jadi kalo mau kesini spare waktu seenggaknya 45 menit sebelum jadwal tiket. Untuk tuker tiket, titip barang di loker kalo mau, dan antre security check. Tapi fakta menariknya ternyata mereka ga se-strict itu soal jam tiket karena gue beli yang jam 11.30 tapi jam 11 udah bisa masuk. Mereka ngga terlalu cek jamnya waktu itu. Susah juga kayaknya sih karena orangnya serame itu.

Astaga, post ini udah panjang banget. Masih ada beberapa obyek yang belum diceritain, see you on the next post ya!

---

Read more here:
Part 1 - Pre-Departure
Part 2 - Travel Essentials & Abu Dhabi
Part 4 - Dubai

You Might Also Like

0 comments