financial

Belajar Saham

May 15, 2018

Setelah mulai melek saham, gue coba mempelajari lebih dalam soal saham. Mulai dari ikut event, baca buku, artikel, dan praktik langsung. Semakin gue belajar, gue semakin ngerasa passionate dan semakin melotot saham (Bukan melek lagi). Menurut gue saham dan pasar modal itu menarik banget untuk dipelajari.

Ngga ada background ekonomi bukan masalah, karena semua hal bisa dipelajari. Bahkan salah satu tokoh investasi terkemuka Indonesia, Ryan Filbert, adalah seorang Sarjana Seni. Gue yang udah bertahun-tahun ninggalin analisis angka pun di awal-awal mesti adaptasi lagi untuk ngeliat angka, membaca grafik, dan mencoba analisis.

Seperti yang gue bilang sebelumnya, gue sangat engga berani kalo langsung terjun praktik. Praktik tanpa pengetahuan sama sekali itu ibarat cari mati. Risikonya besar banget. Ada yang namanya learning by doing, tapi bukan berarti langsung praktik dengan 0 pengetahuan.

Dalam waktu 2 bulan, gue bener-bener genjot buat belajar saham. MUMPUNG punya banyak waktu, mumpung bisa, mumpung semangat, mumpung banyak fasilitas. Sedini mungkin belajar semakin baik. Kalo ditunda-tunda yang ada malah males, keburu tiba-tiba sibuk, dan pembelajarannya jadi ga optimal. 

Sebelum gue lanjutin tulisan ini, mau bikin Disclaimer dulu. Gue bukan ahli, skill and knowledge gue masih jauh dari kata expert, cuma pengen sharing dari pengalaman pribadi aja.


Event
Menurut gue, event wajib untuk semua investor pemula itu adalah SPM alias Sekolah Pasar Modal. Disini bakal belajar bener-bener dari basic-nya kayak kenapa harus investasi, kenapa pasar modal, di pasar modal ada apa aja, sistemnya gimana, analisisnya gimana, sampe cara milih saham itu gimana. SPM biasanya ada level 1 dan 2. Saran gue, ikut aja dua-duanya dalam sehari. Hemat waktu, hemat biaya, pemahaman lebih komprehensif.

SPM biasanya diadain sama BEI kerjasama sama perusahaan sekuritas. Tapi kadang perusahaan sekuritas juga suka ngadain SPM di luar jadwalnya BEI. Jadi kalo kalian pengen ikut SPM tapi ga kedapetan kuota, bisa coba SPM yang diadain sekuritas.

Selain SPM, banyak perusahaan sekuritas yang ngadain training rutin dengan topik yang beda-beda. Kalo gue waktu itu ikut event yang belajar analisis. Walaupun udah beberapa kali ikut event yang beda-beda dari perusahaan sekuritas yang beda-beda juga, selalu ada sesuatu yang baru yang bisa gue pelajari. Selain memantapkan dan memperdalam pemahaman yang udah dipelajari sebelumya, ikut event gini juga bisa ngejawab pertanyaan-pertanyaan yang gue temui ketika baca buku atau praktik langsung.

Jadi walaupun udah beberapa kali ikut event, gue rasa sesekali tetep perlu dateng event untuk refresh knowledge. Karena yang namanya ilmu pasti akan terus berkembang. Untuk tulisan lebih detil tentang SPM dan event yang gue ikuti bisa dibaca disini.


Buku
Baca buku bener-bener membantu gue banget dalam memahami dunia saham dan pasar modal. Buku ditulis secara sistematis, jadi ga perlu bingung mesti mulai dari mana. Kalo belajar sendiri lewat internet, gue bingung sih karena ga tau harus mulai dari mana dan urutannya gimana. Setiap buka link artikel atau video pasti mereka ngasih link ke related content. Gue ga tau urutan seharusnya gimana, sedangkan kalo buku udah melalui proses review dan editing jadi udah sistematis dan komprehensif.

Gue mulai dari buku-buku lokal yang emang ditulis oleh orang Indonesia. Sengaja cari buku lokal supaya gampang dapet pemahamannya dari segi bahasa maupun kasus-kasusnya. Gue pilih buku yang ditulis oleh tokoh-tokoh terkemuka di bidang investasi, jadi tetep cari source yang kredibel. 2 buku yang udah gue selesaikan dikarang oleh Ryan Filbert dan Ellen May. Mereka udah ngeluarin berbagai buku dengan berbagai topik juga. Untuk penjelasan tentang buku mana yang gue baca dan apa kesan yang gue dapet dari buku-buku tersebut, akan gue tulis di post terpisah.


Artikel Internet
Google bisa nganterin kita ke berbagai referensi artikel tentang suatu topik. Biasanya gue lari ke Google kalo denger istilah baru, masih bingung dengan penjelasan di buku, atau cari-cari referensi dan berita. Gue juga biasanya bandingin beberapa artikel karena artikel di internet itu kan belum tentu bener. Untungnya banyak referensi (berbahasa Indonesia) yang cukup komprehensif dan berbobot menurut gue.

Sejauh ini gue ga punya 1 atau 2 website yang rutin gue kunjungin atau gue pegang banget untuk referensi. Just Google it, then Google will show me the most relevant article that could answer my question.

Bahkan untuk cari tau aplikasi Online Trading yang bagus dan bisa memenuhi kebutuhan gue, gue dapetin jawabannya dari sebuah artikel. Bonus penjelasan mengenai kualitas pelayanan perusahaan sekuritas terkemuka dan fee yang dibebankan untuk setiap transaksi. Gue merasa jadi lebih produktif berinternet haha.


Praktik!
Setelah ngerasa ilmunya cukup untuk praktik, mulai deh praktik. It took me a loooong time to choose which stock I should buy. Meskipun udah ngerti basic-basic-nya, tapi begitu login ke software online trading yang menunya super banyak, overwhelmed sendiri dengan segala hal yang ditampilin disitu. Angka, grafik, warna merah ijo kuning, background item. 

Awal-awal gue buka aplikasi online trading cuma buat ngebiasain diri ngeliat hal-hal yang ditampilin di halaman utama. Ga utak-atik menu, ga coba nganalisis, cuma ngeliatin aja. Ngebiasain diri. Setelah mulai terbiasa, baru pelan-pelan eksplor menu. Pelan-pelan paham menu ini buat apa itu buat apa. Karena kalo baca manual book banyak banget coy! 1 manual book bisa ratusan halaman. Jadi gue belajar menu-menu utama aja dulu buat analisis sederhana.

Beli saham pertama itu a big move banget! Proses pengambilan keputusan gue panjang banget. Dan dengan ngantongin ilmu dari buku dan event-event, ternyata ga semudah itu untuk praktik. Ketika ketemu kondisi market yang beda-beda untuk setiap saham, banyak banget pertanyaan dan kebingungan gue. 

Menurut gue, gue termasuk orang yang bener-bener nyimak ketika belajar. Kalo di event gue pasti duduk di baris-baris terdepan atau yang strategis. Baca 1 kalimat di buku bisa berkali-kali buat bener-bener paham. Tapi tetep aja, praktiknya ternyata ga mudah.

Makanya para praktisi di bidang pasar modal selalu bilang untuk terus latihan. Sama aja kayak belajar, semakin banyak praktik bakal semakin paham dan terasah skill-nya. Intinya jangan takut untuk praktik dan mencoba, yang penting tau risiko untuk setiap langkah kita. Tau seberapa jauh risiko yang bisa kita toleransi.

Dan yang namanya rugi itu biasa banget terjadi. Anggap aja itu proses belajar. Dengan gagal, dengan rugi, kita jadi bisa belajar lebih banyak daripada saat untung. Karena untung bisa karena beruntung, bukan karena kita bener-bener ngerti tekniknya. Anggap aja kerugian kita itu fee belajar. Yang penting tau batas risiko dan kerugian yang bisa kita toleransi. Gue pun masih sangat sangat belajar untuk menerima kerugian.

I don't say it's easy, but it is learnable.

Mungkin 1 yang gue miss adalah teman diskusi. Di lingkungan pertemanan gue masih jaraaaaaaaaaaang banget yang terjun ke dunia pasar modal, jadi gue ga punya temen diskusi. Kalo gue liat akun-akun Instagram tentang investasi pun, followed by-nya hampir ga ada temen-temen gue. Sedih akutu. Sejauh ini baru nemu 1 orang yang bisa gue tanya atau ajak diskusi soal ini. Join LINE Square juga ngga efektif. Telegram belom coba sih, tapi gue lebih seneng ngobrol face-to-face sebenernya kalo buat diskusi.


Hal positif lainnya dari belajar saham ini adalah gue jadi lebih produktif ngisi waktu dengan sesuatu yang bermanfaat! Pulang kerja, belajar. Weekend, stay di rumah buat belajar. Waktu buat mainan socmed ga penting jadi jauuhh berkurang. Interest-nya juga berkurang drastis. Buka socmed baru sebentar, udah ngerasa ga tahan karena ngerasa ga guna cuma buang-buang waktu. Padahal tadinya gue bisa ngabisin waktu berjam-jam buat main socmed.

Gue yang udah lama ninggalin kebiasaan membaca (dan jadi bener-bener ga tertarik buat baca buku/artikel), jadi terpaksa membiasakan diri untuk baca lagi. Awal-awal agak susah, tapi lama-lama gue sangat menikmati. Sangat menikmati setiap ada ilmu baru yang didapet. Itung-itung latihan baca intens lah sebelum kuliah lagi hehe. Biar ngga kaget nanti tiba-tiba ketemu banyak jurnal dan buku tebel.

Dan gue seneng banget ketika akhirnya gue nemu hal baru yang bener-bener gue suka. Yang (sejauh ini dan gue berharap ke depannya akan tetap) passionate buat gue. Gue bener-bener berharap bisa konsisten ngejalanin ini demi masa depan cerah. Karena kalo kalian tau, ini bisa jadi sebuah bisnis, income tambahan, dan passive income untuk ke depannya.

You Might Also Like

0 comments